UPAYAKAN MENJAGA PENAMPILAN DIRI SEBAIK MUNGKIN

Seseorang yang berprofesi sebagai karyawan ataupun pimpinan dituntut untuk selalu berfikir selangkah lebih maju. Tidak hanya itu, ia juga dituntut untuk selalu menjaga penampilan. Mengapa penampilan menjadi tuntutan dalam pekerjaan ? Coba bayangkan jika pada pagi hari seorang karyawan datang ke kantor dengan baju kusut dan wajah semerawut. Dapat dipastikan karyawan tersebut kurang sedap dipandang atau tidak elok. Model atau gaya penampilan yang menarik atau cendrung biasa saja dapat mempengaruhi mood seseorang. Memang benar ada pepatah inggris yang berbunyi, “don’t judge the book by the cover”.  Akan tetapi, dari sisi penampilan, orang lain bias menilai diri anda seperti apa. Ingatlah bahwa penampilan diri yang biasa saja dapat menurunkan kepercayaan diri.

Lingkungan sekitar siap menilai setiap penampilan anda. Ketahuilah bahwa baik atu buruk bukan anda sendiri yang menilainya. Rekan kerja dan atasan cendrung menyediakan asumsi-asumsi yang siap menjadi menu pembuka sampai  hidangan penutup ketika mereka bersama di luar acara formal.

Penampilan (appearance) adalah citra diri yang terpancar dari seseorang.  Citra diri dapat dilihat dari penampilan secara keseluruhan. Penampilan serasi merupakan hal yang penting bagi setiap orang. Jika penampilan menarik maka anda akan dihormati, disegani, serta dipercayai oleh semua orang. Sebaliknya , jika berpenampilan seronok, tidak menarik, atau kurang serasi, biasanya orang lain tidak akan menyukai keberadaan anda.

Orang yang berpakaian compang- camping, kusut, kumal, serta  kotor tentu tidak enak dipandang. Secara otomatis, orang-orang di sekitarnya  pasti akan berpandangan atau berprasangka negative. Hal ini berbeda dengan orang yang berpakaian rapi, necis, sopan, serta wangi. Orang-orang di sekitarnya tanpa ragu akan member acungan jempol serta memberikan pujian.

Tidak diragukan lagi bahwa menjaga penampilan itu sangat penting. Sebab, penampilan juga dapat dikatakan sebagai identitas seseorang dalam menyikapi sesuatu yang dimilikinya. Pakaian merupakan salah satu factor keindahan terkait refleksi diri sendiri dalam penampilan. Berpakaian menarik, bersih, dan rapi, tentunya menjadi pilihan yang diambil ketika anda ingin berpenampilan rapi dan  enak dipandang. Sebaliknya, lusuh dan berantakan dalam berpenampilan tentu akan membuat orang lain memandang secara negatif.

Patut dipahami bahwa menjaga penampilan bukan sebatas mengenakan pakaian serapi dan sebagus mungkin, melainkan lebih dari sekedar tampilan luar tersebut. Artinya, menjaga penampilan berhubungan dengan bagaimana anda mampu mengatur seluruh penampilan pada diri sendiri menjadi satu sinergi dan serasi. Sehingga, hal yang tampak adalah perpaduan yang indah dan elegan.

Kesulitan untuk mendapatkan penampilan rapi serta mempertahankan kerapian tersebut sering dialami pekerja aktif atau yang banyak bergerak. Penampilan mereka pada awalnya tampak rapi ketika tiba di tempat kerja. Namun, begitu beranjak siang atau sore, penampilan berubah menjadi kusut. Setiap orang pasti tidak ingin jika penampilan yang disebut-sebut sebagai sorotan utama akan membuatnya menjadi tidak percaya diri.

Memelihara kebersihan pakaian dan badan merupakan syarat utama untuk berpenampilan lebih indah. Sebagai pelengkap, anda tentu dapat menggunakan wewangian yang nyaman, dalam arti beraroma tidak terlalu menyengat. Sebab, perlu dipahami bahwa sebagaian orang sering kali merasa tidak nyaman dengan aroma yang menyengat. Jadi, anda harus pandai mengatur segala perangkat yang dapat membuat anda lebih rapi, indah , dan anggun sepanjang hari selama bekerja.

Dukungan dari tubuh yang sehat akan menjaga kualitas penampilan sepanjang hari. Adapun tubuh, lesu, lemah, dan pucat akan menghadirkan kesan tidak rapi. Upaya menjaga kesehatan tubuh dapat dilakukan dengan berolahraga secara teratur, menjaga pola hidup sehat, menghindari begadang, tidak menghisap rokok, serta menjahui minuman beralkohol. Ingatlah bahwa pola hidup yang tidak sehat  akan berpengaruh terhadap kerapian penampilan. Baca juga Jujurlah-padaku-bila-engkau-lagi-suka

Related Posts



Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini? Klik...

Comments

Kirim E-mail anda dapatkan artikel berlangganan gratis....

Enter your email address:

DELIVERED BY sptirtadharma.net ||| 🔔E-mail : pdamsptd86@gmail.com

🔝POPULAR POST

ENAM CIRI CIRI BOS PELIT TINGKAT DEWA

RESIKO PETUGAS PDAM TERHADAP PELANGGAN

SEJARAH PERKEMBANGAN DEMOKRASI DIBARAT

EMPAT TIPS TIDAK MUDAH DIADU DOMBA REKAN KERJA DIKANTOR

MEMBUAT RUTE BACA METER DAN TIPS AGAR TAHU TOTAL PEMAKAIAN

FOLLOWERS