CIRI-CIRI DAN NILAI POKOK LIBERALISME

Ciri dan Nilai Pokok Liberalisme
Kesempatan yang Sama (Hold The Basic Equality of All Human)
Setiap manusia mempunyai kesempatan yang sama dalam segala bidang. Tetapi bukan berarti kesempatan yang sama ini juga akan memberikan hasil yang sama bagi setiap orang. Hasil yang akan didapatkan setiap orang berbeda-beda tergantung kepada sumber daya yang dimiliki, tenaga, kerja keras, dll. Terlepas dari itu, persamaan kesempatan merupakan hal yang mutlak dalam paham liberalisme.

Perlakuan yang Sama (Treat the Others Equally)
Karena mempunyai kesempatan yang sama, maka dalam setiap penyelesaian masalah-masalah yang dihadapi (dalam segala bidang), baik itu politik, ekonomi, sosial, kebudayaan, atau kenegaraan, maka setiap orang akan mendapatkan perlakuan yang sama. Hal ini dilakukan dengan tujuan menghilangkan egoisme individu.

Pemerintahan ditentukan dengan Persetujuan dari yang Diperintah (Goverment by The Consent ofThe People)
Penentuan pihak-pihak yang memegang kekuasaan harus mendapat persetujuan dari rakyat yang akan diperintah. Pemerintah tidak boleh bertindak menurut kehendaknya sendiri, tetapi bertindak menurut kehendak rakyat.

Berjalannya Hukum (The Rule of Law)
Pada dasarnya, negara berfungsi untuk membela dan memakmurkan rakyat. Oleh karena itu dalam menjalankan sebuah negara, maka terdapat peraturan hukum yang dapat melindungi dan mempertahankan hak rakyatnya. Negara tersebut harus memiliki patokan hukum tertinggi, yang menghargai hak – hak kebebasan dan persamaan kedudukan. Dalam hal ini yang menjadi pusat perhatian adalah kepentingan individu.


Negara Hanyalah Alat (The State is Instrumen)
Negara merupakan suatu mekanisme yang digunakan untuk mewujudkan tujuan-tujuan yang lebih besar.

Liberalisme tidak menerima ajaran Dogmantisme (Refuse Dogmantisme)
Dogmantisme merupakan ideologi dimana orang-orang memiliki kepercayaan yang sangat teguh terhadap suatu hal dan menentang apapun yang tidak sesuai dengan kepercayaannya. Orang yang berpegang pada Dogmantisme ini memiliki kepercayaan yang sangat kuat dan tidak dapat dirubah, walaupun keberadaan tersebut tidak dapat disesuaikan dengan kenyataan, serta mereka tidak dapat menerima apabila ada pendapat yang berbeda dari orang lain. Baca Juga : Kelebihan-dan-kekurangan-liberalisme

Related Posts



Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini? Klik...

Comments

Kirim E-mail anda dapatkan artikel berlangganan gratis....

Enter your email address:

DELIVERED BY sptirtadharma.net ||| 🔔E-mail : pdamsptd86@gmail.com

🔝POPULAR POST

ENAM CIRI CIRI BOS PELIT TINGKAT DEWA

RESIKO PETUGAS PDAM TERHADAP PELANGGAN

SEJARAH PERKEMBANGAN DEMOKRASI DIBARAT

EMPAT TIPS TIDAK MUDAH DIADU DOMBA REKAN KERJA DIKANTOR

MEMBUAT RUTE BACA METER DAN TIPS AGAR TAHU TOTAL PEMAKAIAN

FOLLOWERS