TUJUH TIPS AGAR KAMU MAMPU BEKERJA DIBAWAH TEKANAN

7 Tips agar kamu mampu bekerja di bawah tekanan
Beban dan tuntutan pekerjaan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari begitu kamu terjun ke dunia kerja yang profesional. Kamu akan dihadapkan pada berbagai target, tantangan, bahkan konflik yang menuntutmu untuk mampu bekerja di bawah tekanan.

Karena itulah, kemampuan bekerja di bawah tekanan menjadi salah satu skill yang harus dimiliki oleh setiap pekerja. Dari sinilah atasan dan supervisor melihat sejauh apa kemampuan kamu dalam mengatasi berbagai jenis tekanan secara efektif.

Berikut adalah tips yang dapat kamu lakukan saat bekerja dalam tekanan.

1. Tetap tenang
Berusahalah untuk tetap tenang, apa pun kondisi yang kamu hadapi. Menenangkan diri dalam keadaan penuh tekanan memang sulit, tapi kamu bisa membiasakan diri dengan berlatih.

Semakin sering kamu berlatih, maka semakin kamu mampu menenangkan diri dalam keadaan paling gawat sekalipun. Sikap tenang dalam berbagai keadaan menunjukkan bahwa kamu mampu menyelesaikan tugas secara profesional, bahkan dalam keadaan sulit.

2. Fokus pada tugas yang dilakukan, bukan hasilnya
Ada beberapa orang yang dapat bekerja dengan lebih efektif di bawah tekanan, tapi kebiasaan ini sebenarnya tidaklah baik. Pola bekerja kamu justru menjadi tidak produktif dan hasil akhirnya cenderung lebih buruk dari yang kamu harapkan.

Saat bekerja di bawah tekanan, cobalah fokus pada tugas yang kamu lakukan dan bukan pada hasilnya. Jika kamu fokus pada apa yang kamu kerjakan, maka kamu dapat memecahnya menjadi langkah-langkah konkret yang efektif dan sesuai harapan.

3. Jadikan tekanan sebagai sebuah tantangan yang menyenangkan
Kebanyakan orang menganggap tuntutan kerja dan tekanan sebagai suatu hal yang mengerikan. Apakah kamu juga demikian? Sayangnya, ini merupakan langkah yang keliru karena ketakutan akan mengganggu ingatan jangka-pendek serta kemampuan menilai dan memusatkan perhatian.

Situasinya menjadi berbeda jika kamu melihat tekanan sebagai sebuah tantangan. Kamu akan terpacu untuk memusatkan perhatian dan energi untuk mengerjakan tugas secara optimal. Jadi, cobalah mengubah mindset kamu perlahan-lahan. Apa yang kamu hadapi sekarang adalah kesempatan untuk mengembangkan diri.

Agar pekerjaanmu lancar, cobalah untuk tidak melibatkan dirimu ke dalam konflik yang tidak diperlukan 

4. Tidak perlu melibatkan diri dalam konflik yang tidak diperlukan
Jauhkan dirimu dari argumen atau konflik dengan rekan kerja karena ini hanya akan menambah tekanan yang kamu hadapi. Jagalah pikiranmu tetap fokus dan positif, serta berikan sugesti yang membangun kepada diri sendiri.

Konflik memang dapat muncul tanpa diduga. Penyebabnya pun bisa berasal dari masalah pekerjaan hingga keluarga. Pada saat seperti ini, ingatlah bahwa kamu memegang kendali atas konflik yang kamu hadapi. Cobalah berhenti sejenak, tarik napas, dan jernihkan pikiran.

5. Ambil kendali
Saat bekerja di bawah tekanan, ada hal-hal yang bisa kamu kendalikan dan ada pula yang tidak. Fokuslah untuk mengambil kendali atas faktor-faktor yang dapat dikendalikan agar kamu tidak semakin merasa gugup, cemas, atau bahkan tidak percaya diri.

Misalnya pada saat wawancara kerja. Jangan memusatkan perhatian pada faktor yang tidak dapat dikendalikan seperti seberapa banyak kandidat yang melamar posisi tersebut atau apakah pewawancara menyukai gaya bicaramu. Fokuslah untuk meyakinkan pewawancara bahwa kamu adalah kandidat yang tepat.

6. Meminta bantuan orang lain
Tekanan saat bekerja bisa membuatmu kewalahan. Pada saat seperti ini, cobalah menganalisis situasi yang kamu hadapi dan mintalah bantuan pada rekan kerja bila memang diperlukan. Ini menunjukkan bahwa kamu dapat berpikir jernih, bahkan di bawah tekanan.

Saling berbagi cerita dengan rekan kerja juga memberikan sejumlah manfaat. Kamu bisa menganalisis keadaan, berpikir dengan lebih realistis, serta mendapatkan masukan yang mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Selain itu, rasa cemas dan stres juga akan berkurang.

7. Lakukan tugas secara perlahan dan beristirahat sejenak
Otak cenderung bekerja lebih cepat saat kamu dihadapkan pada situasi penuh tekanan. Padahal, tekanan membuatmu tidak bisa berpikir jernih sehingga kamu berisiko mengambil keputusan dengan gegabah. Kamu mungkin melewatkan beberapa hal yang penting.

Cobalah melakukan pekerjaanmu secara perlahan tapi pasti. Berikan waktu bagi otakmu untuk beristirahat sejenak, misalnya dengan berjalan keluar dari ruang kantor. Bila perlu, kamu dapat meminum secangkir kopi untuk menjernihkan pikiran. Melakukan tugas secara perlahan dengan diselingi istirahat dapat meningkatkan produktivitas. Baca Juga : Lima-strategi-manajemen-konflik

Bekerja di bawah tekanan memang tidak mudah dan seringkali menimbulkan stres. Namun, kuncinya adalah tetap menjadi positif dan fokus terhadap pekerjaan yang dilakukan.

Jangan menyerah dan teruslah berlatih menerapkan beragam tips di atas hingga kamu menjadi semakin handal dalam menghadapi situasi kerja penuh tekanan.

Related Posts



Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini? Klik...

Comments

Kirim E-mail anda dapatkan artikel berlangganan gratis....

Enter your email address:

DELIVERED BY sptirtadharma.net ||| 🔔E-mail : pdamsptd86@gmail.com

🔝POPULAR POST

ENAM CIRI CIRI BOS PELIT TINGKAT DEWA

RESIKO PETUGAS PDAM TERHADAP PELANGGAN

SEJARAH PERKEMBANGAN DEMOKRASI DIBARAT

EMPAT TIPS TIDAK MUDAH DIADU DOMBA REKAN KERJA DIKANTOR

MEMBUAT RUTE BACA METER DAN TIPS AGAR TAHU TOTAL PEMAKAIAN

FOLLOWERS