LIMA CARA MENGHADAPI REKAN KERJA YANG GEMAR MENGADU SOAL

Photo Dok
Mengadu merupakan aktivitas yang dilakukan untuk menyampikan kembali hal-hal yang sebelumnya diucapkan, namun dalam konteks yang negatif. Biasanya seseorang yang mengadu pada orang lain justru memiliki tujuan untuk menjatuhkan pihak tertentu.

Hal ini bisa menjadi masalah serius bila tejadi di tempat kerja. Kamu juga harus ekstra waspada bila memiliki rekan kerja yang justru gemar mengadu dengan orang lain atau bahkan atasan. Jika kamu memiliki rekan kerja yang seperti itu, maka beberapa tips berikut ini bisa dicoba.

1. Pahami apa konteks yang diadukannya

Jika kamu menjadi target aduan yang dilakukan olehnya, maka jangan buru-buru terpancing emosi. Kamu perlu memahami terlebih dahulu apa konteks yang diadukannya dan tujuan apa yang memang dimilikinya.

Dengan memahami hal tersebut, maka kamu jadi dapat menentukan sikap setelahnya. Jangan sampai justru mendahulukan emosi di atas kelogisan diri.

2. Mencoba klarifikasi bila dibutuhkan

Tidak semua hal-hal yang diadukan oleh rekan kerjamu memang benar. Ada pula yang mungkin disebabkan karena mispersepsinya, sehingga tentu keliru.

Bila aduan tersebut dirasa sudah sangat merugikanmu, maka jangan ragu untuk memberikan klarifikasi. Hal ini juga untuk menentukan sikapmu dalam menghadapi rekan kerja yang demikian.

3. Menjaga tutur kata dengan sebaik mungkin setelahnya 

Sering kali permasalahan mengenai aduan ini juga disebabkan oleh dirimu sendiri. Jika kamu justru termasuk orang yang gemar berkomentar miring, maka hal ini bisa menjadi konsekuensi untukmu.

Itu lah mengapa kamu harus dapat menjaga tutur kata dengan sebaik mungkin setelah hal tersebut terjadi. Jangan sampai rekan kerjamu memiliki celah untuk mengadukanmu lagi.

4. Memberikan jarak yang jelas antara kamu dan dirinya

ipe rekan kerja yang pengadu tentu tidak akan ada yang menyukainya. Bahkan tak jarang kamu akan merasa tak nyaman saat berada di dekatnya.

Itu lah yang membuatmu perlu memberikan jarak yang jelas dengan dirinya. Berada terlalu dekat dengannya juga bisa memberikan bumerang tersendiri untukmu. Baca Juga : Inilah-empat-tipe-narsistik-diantara

5. Jangan mudah memercayai ucapannya

Kamu mungkin menganggap rekan kerjamu sebagai sosok yang pengadu, namun bukan berarti ia juga merupakan tipikal yang jujur. Bisa jadi orang seperti itu juga pandai dalam memainkan sikap, sehingga tak terlalu terlihat perbedaannya.

Jangan mudah mempercayai ucapannya sebelum kamu mendengar klarifikasi dari pihak yang diadukan atau kamu melihat buktinya secara langsung. Utamakan pemikiran yang logis di atas perasaan semata.

Biasanya tidak ada banyak orang yang tahan jika memiliki rekan kerja yang aduan. Selain memiliki stigma negatif, namun juga biasanya sering dianggap cari muka. Jaga sikap baik-baik saat di tempat kerja, ya!

Related Posts



Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini? Klik...

Comments

Kirim E-mail anda dapatkan artikel berlangganan gratis....

Enter your email address:

DELIVERED BY sptirtadharma.net ||| 🔔E-mail : pdamsptd86@gmail.com

🔝POPULAR POST

ENAM CIRI CIRI BOS PELIT TINGKAT DEWA

RESIKO PETUGAS PDAM TERHADAP PELANGGAN

SEJARAH PERKEMBANGAN DEMOKRASI DIBARAT

EMPAT TIPS TIDAK MUDAH DIADU DOMBA REKAN KERJA DIKANTOR

MEMBUAT RUTE BACA METER DAN TIPS AGAR TAHU TOTAL PEMAKAIAN

FOLLOWERS