JUJURLAH PADAKU BILA ENGKAU LAGI SUKA

Jujur merupakan aura yang terpancar sebagai buah dari perbuatan, perkataan, serta tingkah laku. Apabila perkataan sejalan dengan perbuatan, tentu saja hal ini dipandang baik atau positif. Dalam sebuah pribahasa dikatakan “kemarau setahun akan dihancurkan oleh hujan sehari”. Artinya, segala kebaikan seseorang akan runtuh hanya dengan satu kali ia berbuat jahat atau dusta.

Bekerja yang didasari atas ketidakjujuran biasanya tidak akan sukses. Sikap tidak jujur akan mengakibatkan hilangnya reputasi yang pernah dimiliki seseorang. Reputasi yang akan didapat dari sifat jujur meliputi terciptanya kepercayaan seseorang, menciptakan image (citra) yang baik pada diri sendiri, membentuk karakter diri, mendorong sikap lebih bertanggung jawab, serta memberikan kedamaian di dalam hati.

Kejujuran merupakan bagian dari image seorang pekerja di lingkungan pekerjaan. Seorang pekerja yang tidak jujur berarti ia telah membuat image buruk bagi rekan-rekan kerja, khususnya atasan. Apabila seorang pekerja telah membangun image yang baik dengan menunjukkan kejujuran maka ia akan dipandang sebagai pekerja berintegritas serta berkomitmen terhadap perusahaan atau instansi.

Ketidak jujuran telah melekat di dalam diri seorang pekerja, maka atasan tidak akan segan atau ragu sedikitpun untuk mengandalkan dirinya. Apabila tidak jujur maka bukan tidak mustahil pekerja itu akan dipecat dari perusahaan. Jadi, kejujuran adalah kunci untuk meraih kesuksesan besar. Patut dipahami bahwa kejujuran seseorang akan menciptakan suatu hubungan yang baik dengan rekan-rekan kerja, partner, serta lebih-lebih pihak atasan. Hal ini disebabkan kejujuran termasuk bagian dari kredibilitas seseorang dalam bekerja.

Setiap pekerja tentu mengerti dan memahami bahwa dunia kerja identik dengan sesuatu yang disebut kompetisi. Hanya dengan kejujuran, seseorang pekerja akan menjadi lebih unggul daripada yang lain. Apapun kondisi dan situasinya, sudah seharusnya seorang pekerja professional yang memiliki integritas tinggi untuk senantiasa bersikap jujur. Sekali lagi, kejujuran merupakan kunci untuk membuka pintu kesuksesan di masa mendatang.

Pada umumnya, kesuksesan seorang pekerja dalam pekerjaan ditentukan oleh kemempuan manajemen waktu, motivasi diri sendiri dan orang lain, berinteraksi secara positif, serta memiliki kebutuhan untuk saling membangun satu sama lain. Hal tersebut tidak akan tercipta tanpa adanya kejujuran. Sebab, dengan berani bersikap jujur, berarti anda hebat serta memiliki mental juara.

Mental juara merupakan salah satu modal dasar dalam hidup yang sayangnya kerap diabaikan banyak orang khususnya di lingkungan kerja. Dalam kehidupan modern, kompetisi tentu berkembang semakin kompleks. Setiap orang membutuhkan mental juara sehingga tidak pesimis serta mampu menghadapi segala kesulitan. Sosok tersebut tidak pernah menyerah, memiliki daya saing tinggi, serta terus berusaha untuk menang. Hal-hal seperti itu yang akan menjadikannya berhasil atau sangat sukses.

Kenyataan sebagaimana disebutkan tersebut tidak bias anda jalani tanpa adanya sifat jujur di dalam diri. Sejatinya, sifat jujur merupakan komponen utama yang bias mencirikan hidup anda menjadi sempurna di mata orang-orang sekitar. Patut diingat bahwa integritas dan kredibilitas akan sia-sia jika anda tidak memiliki kejujuran yang tinggi.

Kejujuran dalam bekerja bukan semata-mata dilakukan karena ingin mendapatkan pujian. Adalah suatu keharusan dan keniscayaan bagi setiap orang untuk berbuat jujur. Dalam hal ini, jujur merupakan sifat mulia dan menjadi bingkai utama dari citra diri seseorang tanpa harus menjadi orang lain.

Kejujuran dalam bekerja juga akan membuat kepribadian menjadi lebih baik. Dengan kejujuran, integritas anda akan meningkat dan semakin kokoh. Rekan-rekan kerja tidak akan pernah ragu terhadap kinerja anda. Bahkan, atasan akan menaruh rasa kagum terhadap keberadaan anda di perusahaan yang dipimpinnya. Oleh karena itu, bekerjalah dengan penuh kejujuran supaya hidup anda dilingkupi cahaya kesempurnaan sepanjang waktu.

Related Posts



Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini? Klik...

Comments

Kirim E-mail anda dapatkan artikel berlangganan gratis....

Enter your email address:

DELIVERED BY sptirtadharma.net ||| 🔔E-mail : pdamsptd86@gmail.com

🔝POPULAR POST

ENAM CIRI CIRI BOS PELIT TINGKAT DEWA

RESIKO PETUGAS PDAM TERHADAP PELANGGAN

SEJARAH PERKEMBANGAN DEMOKRASI DIBARAT

EMPAT TIPS TIDAK MUDAH DIADU DOMBA REKAN KERJA DIKANTOR

MEMBUAT RUTE BACA METER DAN TIPS AGAR TAHU TOTAL PEMAKAIAN

FOLLOWERS