TIADA KESUKSESAN TANPA SIKAP DISIPLIN

ASPEK PRILAKU
Disiplin merupakan pendewasaan dimana seseorang dituntut untuk bisa berfikir logis, menyelesaikan masalahnya dengan baik, serta tidak selalu bergantung pada orang lain. Pada intinya, disiplin berhubungan dengan cara bersikap dan bertingkah laku sesuai kondisi riil dimasyarakat.

Menurut Charles Schaefer inti dari disiplin ialah mengajar atau seseorang mengikuti ajaran dari orang lain yang mengikuti ajaran seorang pemimpin. Selain itu, disiplin juga dapat diartikan latihan batin dan watak dengan maksud supaya segala perbuatan selalu mentaati tata tertib. Jadi, disiplin adalah mentaati aturan sesuai dengan ketentuan umum yang berlaku.

Dari dua pengertian tersebut, sangat jelas bahwa disiplin memiliki peranan penting dalam sebuah keberhasilan atau kesuksesan. Hal ini disebabkan disiplin pada dasarnya mengatur aspek perilaku. Maka, dapat diketahui bahwa tujuan dari bersikap disiplin dapat dibagi menjadi jangka pendek dan panjang. Tujuan jangka pendek sikap disiplin ialah membuat seseorang terlatih dan terkontrol melalui bentuk-bentuk tingkah laku yang pantas dilakukan dan harus dihindari. Adapun jangka panjang ialah untuk perkembangan pengendalian dan pengarahan diri sendiri. Hal lain berhubungan dengan kemampuan seseorang mengarahkan diri sendiri tanpa pengaruh dan pengendalian dari pihak luar.

Disiplin sebagai salah satu jalan menunju kesuksesan kerja dapat dipahami dari penjelasan tersebut. Karakter mendasar dari sikap disiplin ialah suatu proses untuk mencapai suatu kesuksesan dalam upaya pencapaian tujuan. Dengan kedisiplinan, seseorang dapat mengendalikan keinginan-keinginan sekaligus membatasi berbagai macam hasrat. Secara sederhana, disiplin adalah latihan ketaatan terhadap aturan. Sikap disiplin akan melahirkan mental kuat serta pantang menyerah.

Tiada kesuksesan tanpa sikap disiplin. Dalam dunia kerja, seseorang yang memiliki kriteria disiplin ditunjukkan dengan beberapa hal.

Pertama, datang ketempat kerja sebelum jam masuk. Dengan datang lebih awal ke tempat kerja, anda bisa menyiapkan waktu untuk mempersiapkan berbagai kebutuhan pekerjaan. Sangat disayangkan jika sudah masuk jam kerja anda masih berada di jalan. Selain pekerjaan terbengkalai, anda akan dianggap sebagai orang yang tidak menghargai waktu. Jika berkedudukan sebagai karyawan maka anda harus siap menerima surat pemecatan.

Kedua, meninggalkan tempat kerja melebihi jam pulang. Memperbaiki ruang kerja yang telah dipakai adalah bentuk kesungguhan pekerja tangguh dalam menjalankan aktivitasnya. Selain termasuk ciri pekerja sukses, hal tersebut dapat menyedot perhatian lingkungan sekitarnya. Sebab, dengan hadir sebelum waktunya dan pulang melebihi jam kerja, orang lain dapat merasa kagum atau bahkan mencontoh kinerja anda. Baca juga Kenapa-jabatan-kerja-tidak-naik
Ketiga, tidak meninggalkan pekerjaan tanpa izin atasan. Pimpinan mana yang sanggup mendengarkan bawahannya meninggalkan tempat kerja sebelum waktunya tanpa ada kejelasan pasti ? anda tentu tidak ingin mengecewakan pimpinan atau rekan kerja. Maka, jika ada halangan maka anda harus meminta izin terlebih dahulu sebelum meninggalkan kantor.

Keempat, menggunakan jam kerja secara efektif. Jam kerja yang sudah ditentukan harus dimanfaatkan sebaik- baiknya untuk mencapai tujuan. Jangan menyia-nyiakan dengan bercengkrama ataupun sekedar bermain-main karena hal itu sangat merugikan diri sendiri serta bagi kelangsungan perusahaan.
Patut diketahui bahwa kedisiplinan akan membantu anda menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Biarkan orang lain memahami sendiri pentingnya tugas-tugas pekerjaan. Berkaitan dengan disiplin, anda hanya perlu memberikan contoh. Sebab, menunjukkan sikap berlebihan hanya akan membuat para karyawan kehilangan rasa hormat terhadap anda.

Berdasarkan penjelasan tersebut, disiplin merupakan kewajiban setiap orang dalam mengerjakan tugas dan kewajiban dalam bentuk apapun. Sehingga, tidak ada alasan bagi anda untuk tidak disiplin di lingkungan pekerjaan. Ingatlah bahwa kedisiplinan merupakan upaya untuk mencirikan hidup anda menjadi sempurna. Hal tersebut termasuk upaya meningkatkan citra diri anda sendiri. Baca Juga : Lima-ciri-perusahaan-akan-bangkrut

Related Posts



Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini? Klik...

Comments

Kirim E-mail anda dapatkan artikel berlangganan gratis....

Enter your email address:

DELIVERED BY sptirtadharma.net ||| 🔔E-mail : pdamsptd86@gmail.com

🔝POPULAR POST

ENAM CIRI CIRI BOS PELIT TINGKAT DEWA

RESIKO PETUGAS PDAM TERHADAP PELANGGAN

SEJARAH PERKEMBANGAN DEMOKRASI DIBARAT

EMPAT TIPS TIDAK MUDAH DIADU DOMBA REKAN KERJA DIKANTOR

MEMBUAT RUTE BACA METER DAN TIPS AGAR TAHU TOTAL PEMAKAIAN

FOLLOWERS