SOLUSI DARI SETIAP PERMASALAHAN

Tidak ada satu pun dari manusia di dunia ini yang tidak memiliki masalah. Namanya juga hidup, selalu ada gejolak dan permasalahan yang akan muncul, selalu ada rintangan yang menghadang, selalu ada cobaan yang menguji. Sebagai manusia, tugas kita adalah menghadapi setiap permasalahan itu, dan menjalani hidup sebaik mungkin sebagai khalifah Allah di muka bumi.

Sebenarnya, jika kita mau mempelajari Alquran dengan baik, Allah memberikan petunjuk atas setiap permasalahan kita dalam Alquran. Solusi setiap permasalahan yang berhubungan dengan rezeki, hubungan antar sesama, bahkan permasalahan yang sifatnya vertical yaitu hubungan kita dengan Allah. Jika kita dilanda permasalahan, bacalah Alquran dan carilah solusi dari permasalahan kita di dalamnya. Yakinlah, bahwa semua permasalahan kita akan segera berlalu, dan permasalahan yang sedang kita alami merupakan ujian dari Allah untuk mengangkat derajat kita ke tempat yang lebih tinggi, sebab Allah tidak akan pernah memberi ujian melebihi kemampuan hamba-Nya. 

Dalam Alquran, terdapat solusi dari setiap permasalahan yang kita alami. Sebagai contoh, berikut ini akan diuraikan beberapa permasalahan yang solusinya dapat kita temukan di dalam Alquran :

Pertama, jika kita merasa bahwa hidup kita penuh tekanan dan hidup kita terasa sempit, maka solusinya adalah kita harus memperhatikan interaksi kita dengan lingkungan kita, dan renungkanlah seberapa dekat interaksi kita dengan Alquran (apakah kita hanya sekedar membacanya atau mencoba merenungkan maknanya). Alquran merupakan “surat cinta” Allah kepada kekasih-Nya, yaitu Nabi Muhammad SAW. untuk disampaikan kepada umatnya. Maka jika kita bingung dengan tekanan hidup yang terus melanda kita dan kita merasa kehidupan kita begitu sempit, maka perhatikanlah interaksi kita dengan Alquran dan berzikirlah kepada Allah Swt. Allah berfirman dalam QS. Thohaa ayat 124: “… dan barangsiapa berpaling dari zikir-Ku, maka sungguh dia akan menjalani hidup yang sempit…” Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa hidup yang sempit disebabkan karena kita berpaling dari zikir kepada Allah.

Kedua, jika kita merasa sering celaka dan jauh dari pertolongan Allah, maka solusinya adalah berbaktilah kepada orang tua kita, terutama pada ibu kita. Allah berfirman dalam QS. Maryam ayat 32: “Dan berbaktilah kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikanku seorang yang sombong lagi celaka.”

Ketiga, jika kita merasa terganggu oleh nafsu syahwat kita dan merasa terbelenggu oleh nafsu syahwat yang terus memperbudak kita, maka solusinya adalah perhatikan salat kita, apakah kita telah menjalankan perintah shalat ataukah kita sering mengabaikannya? Jika kita selalu melaksanakan shalat dan nafsu syahwat kita masih terus membelenggu, maka perbaikilah shalat kita. Allah berfirman: “Kemudian, datang setelah mereka pengganti yang mengabaikan shalat dan mengikuti syahwat ….” (QS. Maryam: 59).

Pemaparan di atas hanya sekelumit contoh permasalahan yang solusinya bisa kita temukan dalam Alquran. Jika kita sering membaca Alquran dan merenungkan maknanya, maka akan semakin banyak solusi yang kita temukan dari permasalahan-permasalahan hidup yang sering kita temui. 

Allah menurunkan Alquran Sebagai “penyembuh” (syifa) dan petunjuk bagi hamba-hamba-Nya. Jika kita sedang merasa mendapatkan masalah yang sulit dipecahkan solusinya, maka bacalah Alquran, sebab membaca Alquran dapat menenangkan jiwa kita, dan dalam Alquran terdapat petunjuk dan solusi dari setiap permasalahan kita, jika kita merenungkan dan memahami maknanya. Maka jika kita merasa mendapatkan permasalahan yang sangat berat dan kita sulit mencari solusinya, bacalah Alquran dan dalami maknanya, temukanlah petunjuk Allah di dalamnya. Baca Juga : Macam-macam-demokrasi

Related Posts



Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini? Klik...

Comments

Kirim E-mail anda dapatkan artikel berlangganan gratis....

Enter your email address:

DELIVERED BY sptirtadharma.net ||| 🔔E-mail : pdamsptd86@gmail.com

🔝POPULAR POST

ENAM CIRI CIRI BOS PELIT TINGKAT DEWA

RESIKO PETUGAS PDAM TERHADAP PELANGGAN

SEJARAH PERKEMBANGAN DEMOKRASI DIBARAT

EMPAT TIPS TIDAK MUDAH DIADU DOMBA REKAN KERJA DIKANTOR

MEMBUAT RUTE BACA METER DAN TIPS AGAR TAHU TOTAL PEMAKAIAN

FOLLOWERS