MENGATASI KEJENUHAN DI PEKERJAAN

Mengatasi Kejenuhan di Pekerjaan
Jenuh merupakan hal yang pasti dialami oleh para pekerja, terutama seorang karyawan. Tidak hanya mengerjakan tugasnya, terkadang dia juga dituntut untuk mengerjakan banyak hal sesuai perintah atasan. Masalahnya terkadang beban yang dikerjakan melebihi yang tercantun dalam perjanjian kerja. Tidak jarang seorang karyawan merasa jenuh karena memiliki waktu lembur yang banyak tanpa diimbangi dengan hari libur yang cukup.

Biasanya jika sedang puncak jenuh, karyawan akan berpikir untuk keluar dari pekerjaan tersebut. Bagi Anda yang sedang mengalami hal tersebut, memilih untuk keluar dari pekerjaan bukanlah sebuah keputusan yang tepat dengan alasan jenuh. Sebaliknya ada beberapa cara untuk mengatasi kejenuhan yang menekan Anda saat ini. Berikut akan diulas 7 cara untuk mengatasi kejenuhan dalam pekerjaan.

Bersyukur.
Rasa syukur dapat membangkitkan semangat dan menghilangkan kejenuhan. Anda akan dibawa ke dalam suasana hati yang lebih baik dan ringan daripada memikirkan banyak masalah yang dihadapi. Bersyukur bisa Anda lakukan dengan cara melihat banyak orang yang terkena PHK, sulit mencari pekerjaan tetap, dan adanya gepeng-gepeng di jalanan. Cobalah utnuk mengingat kembali ketika Anda melewati banyak tes hingga berhasil ditempatkan di pekerjaan tersebut.

Menghela nafas dalam-dalam.
Menghela nafas dapat membantu Anda melemaskan syaraf-syaraf yang kaku karena jenuh dan stress berat. Hal ini juga sangat efektif ketika Anda sedang dihadapkan dengan berbagai tugas meskipun sedang jenuh. Caranya yang paling baik adalah melakukannya dengan menutup mata. Kemudian tarik nafas sedalam-dalamnya, dan kemudian hembuskan secara perlahan. Untuk hasil yang optimal, Anda harus melakukannya selama + 5 menit.

Tertawa.
Hati yang gembira adalah obat yang manjur, demikian kutipan yang mengatakan bahwa ketika gembira maka stress dapat hilang. Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah tertawa, baik itu secara lepas maupun dengan beragam suara tawa yang Anda buat. Untuk melakukannya, cobalah menyaksikan komedi lawak, stand up, atau video lucu agar tawa  yang dikeluarkan benar-benar merangsang syaraf Anda untuk rileks.

Mendengarkan musik.
Musik memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk menghilangkan pikiran jenuh atau stress. Namun, berhati-hatilah dalam memilh genre musik, karena ada yang bisa membuat pikiran Anda tambah rumit, misalnya lagi patah hati. Musik instrumen biasanya menjadi pilihan favorit untuk membuat pikiran lebih santai dan nyaman ketika menghadapi masalah.

Sholat.
Bagi Anda yang beragama Islam, maka sholat dapat meringankan pikiran stress ketika banyak menghadapi masalah pekerjaan. Sebab, ketika Anda sholat maka aliran darah ke otak akan meningkat sehingga oksigen yang masuk menjadi normal kembali. Hasilnya, Anda akan lebih segar dan jernih dalam memutuskan apa yang akan dilakukan selanjutnya. Sholat juga mendekatkan diri Anda dengan Allah SWT, sehingga Anda juga dapat mensyukuri rezeki yang Dia berikan dalam pekerjaan.

Istirahat sejenak.
Istirahat bukan berarti malas menjalankan pekerjaan. Namun, istirahat wajib dibutuhkan untuk menenangkan pikiran yang jenuh dan terhindar dari stress berat. Sebab, stress dan jenuh menguras baik psikis dan fisik seseorang. Ketika Anda memaksakan diri, hanya ada perasaan kesal dan tidak bisa berpikir jernih. Ambil waktu istirahat dengan cara tidur sejenak, melakukan hobi, atau sekedar berbincang dengan teman.

Curhat kepada teman dekat.
Manusia adalah makhluk sosial, yang menandakan dia membutuhkan seseorang yang bisa mendengar keluh kesah dan menanggapinya untuk saling menguatkan. Jika Anda bekerja di kantor, maka bisa membagikan keluh kesah kepada teman di kantor. Selain Anda bisa meluapkan kekesalan, orang di kantor dapat merasakan apa yang Anda rasakan, sehingga solusinya lebih baik dibanding dengan lainnya.

Ketujuh cara tersebut merupakan beberapa contoh dari beragam cara yang ada. Bila Anda tidak merasa mampu untuk mengerjakan semuanya, pilihlah yang paling sesuai dengan kemampuan saja. Hanya saja ingat bahwa ketika Anda mengalami stress atau jenuh, maka jangan ragu untuk segera menyelesaikannya. Jika tidak demikian, maka biasanya keputusan yang Anda berikan akan menjadi sebuah kesalahan ke depannya. Semoga Bermanfaat. Baca Juga : Lima-karakter-karyawan

Related Posts



Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini? Klik...

Comments

Post a Comment

✅SILAHKAN KOMENTAR ANDA DALAM RANGKA MEMBERIKAN MASUKAN KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ARTIKEL ATAU KONTEN INI ‼️

Kirim E-mail anda dapatkan artikel berlangganan gratis....

Enter your email address:

DELIVERED BY sptirtadharma.net ||| 🔔E-mail : pdamsptd86@gmail.com

🔝POPULAR POST

ENAM CIRI CIRI BOS PELIT TINGKAT DEWA

RESIKO PETUGAS PDAM TERHADAP PELANGGAN

SEJARAH PERKEMBANGAN DEMOKRASI DIBARAT

EMPAT TIPS TIDAK MUDAH DIADU DOMBA REKAN KERJA DIKANTOR

MEMBUAT RUTE BACA METER DAN TIPS AGAR TAHU TOTAL PEMAKAIAN

FOLLOWERS