MAU JADI PENGUSAHA SUKSES TERAPKAN ENAM LANGKAH INI

Mau Jadi Pengusaha Sukses? Terapkan 6 Langkah Ini
Mendirikan bisnis atau usaha sendiri memang akan menjadi kebanggaan tersendiri. Selain bisa mengelola keuangan dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar, para pengusaha yang sukses bisa memiliki kelegaan karena bisa membantu orang lain memperoleh pekerjaan darinya. Namun apakah semua hal yang dibayangkan tentang menjadi pengusaha ini adalah hal-hal yang menyenangkan saja? ternyata tidak, sebagai pengusaha dalam menjalankan bisnis, seseorang akan dihadapkan dengan sejumlah permasalahan dan rintangan untuk bisa membuat usahanya berhasil dan senantiasa bertahan.

Untuk sukses? Ya, jangankan untuk sukses, hanya untuk bertahan saja, seorang pengusaha harus melakukan sesuatu yang luar biasa. Apalagi di tengah kondisi perekonomian yang serba sulit seperti ini, seorang pengusaha haruslah memiliki kekuatan dan mental yang hebat untuk menjadikan bisnisnya terus bertahan. Jika Anda adalah seorang pengusaha yang memang ingin bisa mempertahankan bisnis, maka Anda harus menerapkan beberapa langkah berikut ini.

1. Lakukan Inovasi
Langkah pertama untuk menjadi seorang pengusaha sukses adalah dengan tetap berinovasi. Inovasi memang sebuah cara yang bisa membuat sesuatu yang usang menjadi lebih bernilai kembali. Sebuah ide atau produk yang sudah lama beredar memang akan membuat pasar menjadi jenuh. Maka untuk membuatnya kembali bergairah, Anda harus berinovasi mengkreasikan produk lama. Namun jika Anda tidak mau berinovasi, maka Anda harus bersiap untuk mengerutkan dahi karena penjualan yang semakin menurun.

Dunia bisnis memang selalu bergerak dinamis dan menciptakan perubahan. Bayangkan jika dulu sebuah ponsel monochrome dan monophonic telah membuat kita senang, tapi lihatlah sekarang, dunia bisnis ponsel telah berubah menjadi produk ponsel pintar (smartphone). Jika Anda berniat melakukan inovasi, maka Anda harus bersungguh-sungguh melakukannya. Anda harus membentuk sebuah tim kreatif yang berpengalaman serta sumber daya waktu dan dana untuk menghasilkannya. Selain itu Anda sendiri sebagai pemimpin bisnis juga harus sering melakukan pengamatan dan survey pasar hingga bereksperimen dengan hal yang baru agar inovasi yang dihasilkan selalu mengikuti tren yang ada.

2. Jangan Cepat Puas
Seorang pengusaha bisa saja merasa dirinya sudah puas dengan apa yang mereka dapat. Sikap seperti ini tentu sangat tidak bagus untuk Anda dan bisnis Anda. Karena pemimpin bisnis yang terlalu cepat puas biasanya akan membuat bisnisnya berhenti dan tidak berkembang. Maka dari itu rasa cepat puas haruslah dihilangkan dari dalam diri seorang pemimpin bisnis, karena perkembangan dan pertumbuhan bisnis tidak ada batasnya. Anda bisa mengembangkan bisnis Anda bahkan melampaui ekspektasi Anda sendiri.

Untuk mendapatkan sebuah rasa yang selalu haus akan sebuah pencapaian, Anda harus terus berani menantang diri Anda. Misalnya target pertama telah sukses dilakukan, maka cobalah untuk menarget yang berikutnya yang lebih besar. Atau jika telah berhasil dengan sebuah produk, Anda harus bisa menantang diri Anda ke produk yang lain. Inilah sebuah mental dan ambisi yang harus dimiliki seorang pengusaha untuk sukses. Tanpanya, lebih baik tidak buka usaha sama sekali.

3. Perluas Jaringan
Seorang pengusaha tanpa jaringan atau networking bagaikan mayat hidup. Karenanya sehebat apapun Anda sebagai pebisnis, Anda pasti akan membutuhkan orang lain untuk membuat bisnis berkembang maju. Jaringan memang sangat akan membantu Anda untuk menjadikan bisnis tetap sukses dan bertahan lama. Semakin banyak jaringan atau koneksi yang Anda miliki semakin besar pula peluang Anda untuk bisa membuat usaha Anda eksis dan mungkin juga berkembang lebih pesat.

Maka dari itu jangan lelah untuk mengenal orang dari beragam kalangan demi melebarkan cakupan bisnismu. Bergabunglah dengan komunitas atau perkumpulan para pebisnis yang ada di kota Anda. Hal lain yang perlu diingat oleh setiap penguasaha adalah bahwa dirinya bukanlah seorang pemimpin di sebuah perusahaan saja, namun di sisi lain para pebisnis ini sebenarnya juga merangkap sebagai seorang public relations dan juga tenaga marketing. Jadi pastikan untuk selalu memperluas jaringan demi mengembangkan bisnis Anda.

4. Tambah Wawasan
Untuk menjadikan Anda sebagai pengusaha sukses dan eksis, Anda tak perlu malu untuk menggali ilmu dari senior, bahkan junior atau bawahan Anda. Dengan ilmu dan wawasan yang semakin banyak, Anda akan mampu membuat dan mengaplikasikannya untuk bisa mempertahankan bisnis Anda dari persaingan bisnis yang sangat ketat ini.

5. Tingkatkan Pelayanan
Sebuah pelayanan atau service kepada para customer memang suatu yang sangat penting. Karena dengan adanya pelayanan yang baik maka konsumen pun akan terpuaskan. Dan bila konsumen terpuaskan maka mereka akan senang dan terus berlangganan pada Anda. Dengan adanya hal ini maka Anda akan sangat mudah untuk menjadikan bisnis Anda tetap berjalan dan bertahan diantara himpitan persaingan dan ekonomi yang serba tak menentu ini. Jangan lupa juga untuk meminta saran dan kritik yang membangun dari para konsumen Anda. Dengan demikian Anda akan lebih mudah untuk mengakomodasi konsumen untuk bisa memperbaiki dan menyesuaikan pelayanan terhadap pelanggan.

6. Waspada Ancaman Terhadap Bisnis Anda
Terakhir, langkah untuk menjadikan Anda sebagai pengusaha sukses adalah dengan tetap waspada dan sigap dengan segala ancaman yang datang pada bisnis Anda. Saat ini orang memang bisa melakukan apa saja untuk bisa mengancam perjalanan bisnis Anda. Bukan hanya dari kompetitor, rekan bisnis dan mantan karyawan Anda juga bisa membuat ancaman kepada usaha Anda. Umumnya para pengusaha yang terlalu lengah terhadap ancaman ini mereka bisa jatuh tiba-tiba. Baca Juga : Enam-alasan-pemimpin-berintegritas

Terapkan Pada Bisnis Anda
Di tengah persaingan dan kondisi ekonomi yang makin ketat, sudah sepatutnya Anda mengantisipasi segala kemungkinan yang dapat mengancam bisnis. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menerapkan langkah-langkah di atas untuk menjadikan Anda sebagai pengusaha sukses. Segeralah lakukan, karena semakin cepat akan semakin baik pula untuk Anda dan usaha Anda.

Related Posts



Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini? Klik...

Comments

Post a Comment

✅SILAHKAN KOMENTAR ANDA DALAM RANGKA MEMBERIKAN MASUKAN KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ARTIKEL ATAU KONTEN INI ‼️

Kirim E-mail anda dapatkan artikel berlangganan gratis....

Enter your email address:

DELIVERED BY sptirtadharma.net ||| 🔔E-mail : pdamsptd86@gmail.com

🔝POPULAR POST

ENAM CIRI CIRI BOS PELIT TINGKAT DEWA

RESIKO PETUGAS PDAM TERHADAP PELANGGAN

SEJARAH PERKEMBANGAN DEMOKRASI DIBARAT

EMPAT TIPS TIDAK MUDAH DIADU DOMBA REKAN KERJA DIKANTOR

MEMBUAT RUTE BACA METER DAN TIPS AGAR TAHU TOTAL PEMAKAIAN

FOLLOWERS