TUJUH PENCURI PRODUKTIVITAS DI KANTOR YANG WAJIB DIBASMI

Setiap orang tentu saja ingin menjadi lebih produktif. Namun sesekali Anda pasti pernah merasa kesulitan untuk menyelesaikan pekerjaan. Itu hal yang wajar terjadi. Banyaknya pekerjaan yang harus kita selesaikan seringkali membuat kita susah fokus.

Pekerjaan terlalu banyak bukanlah alasan untuk menghambat pekerjaan. Ada beberapa faktor eksternal yang dapat menjadi penyebabnya. Kebiasaan buruk ketika bekerja adalah salah satu hal yang dapat mengganggu produktivitas Anda di kantor.

Agar dapat bekerja dengan maksimal, berikut adalah 7 pencuri produktivitas di kantor yang wajib Anda basmi berikut ini :

Terus menerus melihat ponsel
Di zaman sekarang, eksis di media sosial tentu salah satu hal yang wajib dilakukan agar kekinian. Namun tahukah Anda? Terlalu aktif berselancar dan berinteraksi di media sosial dapat mengganggu produktivitas kerja Anda. Apalagi jika setiap beberapa menit sekali Anda mengecek unggahan terbaru di media sosial. Itu akan memecah konsentrasi Anda selama bekerja. Ketika sedang bekerja, matikan dahulu semua notifikasi ponsel agar Anda dapat lebih berkonsentrasi. Dengan begitu Anda tidak akan terganggu dengan suara-suara notifikasi yang masuk. Namun, hal ini tentu saja berbeda apabila pekerjaan Anda memang membutuhkan interaksi dengan media sosial.

Multitasking
Jika Anda mengira bahwa mengerjakan beberapa hal secara bersamaan akan mempersingkat waktu bekerja, maka Anda salah. Hasil survei mengemukakan bahwa mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus justru akan menurunkan produktivitas Anda hingga 40 persen. Tidak hanya itu, pekerjaan yang Anda lakukan kemungkinan tidak akan maksimal karena Anda tidak fokus saat mengerjakannya. Selesaikan satu pekerjaan baru berpindah ke pekerjaan yang selanjutnya. Itu akan membantu Anda dalam bekerja lebih efektif dan efisien.

Duduk dengan postur yang salah
Bagi Anda yang bekerja dengan duduk sepanjang hari di kantor, postur tubuh saat duduk sangatlah penting. Postur yang salah dapat menyebabkan Anda mudah lelah. Tidak hanya itu, Anda akan merasakan nyeri pinggang atau punggung. Tubuh yang lelah menyebabkan Anda tidak dapat fokus bekerja. Akibatnya produktivitas Anda bisa jadi menurun. Atur posisi duduk Anda agar terasa nyaman, namun tidak bersandar malas. Atur pula posisi layar komputer dengan jarak mata Anda agar mata Anda tidak mudah lelah.

Tidak rapi
Beberapa penelitian mengatakan bahwa orang yang kreatif biasanya memiliki meja yang tidak rapi. Bisa jadi itu benar. Akan tetapi apabila ketidakrapian itu justru malah membuat Anda tidak dapat bekerja lebih efisien, maka Anda harus memperbaiki hal tersebut. Hindari menghabiskan waktu hanya untuk mencari-cari data file yang Anda butuhkan. Buatlah kondisi lingkup kerja Anda terorganisir. Itu akan memudah Anda mencari data-data yang Anda butuhkan.

Konsumsi terlalu banyak junk food
Kebiasaan para pekerja kantoran yang tidak punya banyak waktu adalah mencari makanan yang cepat saji. Terlalu banyak makan junk food justru akan membuat produktivitas Anda berkurang. Memakan junk food, soda, atau kue-kue dengan kadar gula tinggi hanya akan memberikan energi tambahan sesaat saja. Justru makanan-makanan itu juga tidak baik bagi tubuh kita karena akan menimbulkan banyak penyakit seperti kolesterol, kencing manis, dsb.

Agar tetap dapat fokus dalam bekerja, cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang sehat seperti yogurt, buah, atau kacang-kacangan. Hal ini akan membuat Anda merasa lebih bahagia, dan kreatif.

Kurang Tidur
Kurang istirahat dapat menyebabkan konsentrasi turun. Akibatnya dari kurang tidur adalah proses kerja otak menjadi lebih lambat. Hal itu dapat menjadi penyebab berkurangnya produktivitas. Manusia dewasa memerlukan waktu tidur kurang lebih 7-8 jam setiap harinya agar dapat bekerja lebih baik.

Keterlambatan
Bekerja dalam tim tentu saja memerlukan kerja sama setiap elemen tim untuk memenuhi tenggat waktu pekerjaan dengan tepat. Keterlambatan salah satu anggotanya saja dapat membuat suatu pekerjaan selesai lebih lama dari seharusnya. Hal ini tentu saja menurunkan produktivitas.

Itulah 7 kebiasaan buruk yang harus Anda hindari agar lebih produktif. Pahami kebiasaan buruk Anda saat bekerja dan ubahlah. Dengan demikian, Anda dapat bekerja lebih efektif dan hasilnya pun niscaya akan lebih baik. Baca Juga : Empat-keyakinan-penghambat-bisnis

Related Posts



Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini? Klik...

Comments

Kirim E-mail anda dapatkan artikel berlangganan gratis....

Enter your email address:

DELIVERED BY sptirtadharma.net ||| 🔔E-mail : pdamsptd86@gmail.com

🔝POPULAR POST

ENAM CIRI CIRI BOS PELIT TINGKAT DEWA

RESIKO PETUGAS PDAM TERHADAP PELANGGAN

SEJARAH PERKEMBANGAN DEMOKRASI DIBARAT

EMPAT TIPS TIDAK MUDAH DIADU DOMBA REKAN KERJA DIKANTOR

MEMBUAT RUTE BACA METER DAN TIPS AGAR TAHU TOTAL PEMAKAIAN

FOLLOWERS