TIGA FUNGSI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI PERUSAHAAN

Banyak orang mungkin sudah tahu bahwa salah satu fungsi dan tugas divisi HR dalam perusahaan adalah untuk melakukan manajemen sumber daya manusia yang tepat. 

Tapi, sejauh apa kamu memahami peran dan fungsi manajemen sumber daya manusia di dalam perusahaan itu sendiri? Agar lebih jelas, perhatikan ulasan berikut ini

Pengertian manajemen sumber daya manusia. manajemen sumber daya manusia adalah pengelolaan aset utama perusahaan, yaitu karyawan.

Manajemen sumber daya manusia adalah fungsi dalam suatu organisasi yang berfokus pada perekrutan, pengelolaan, pemberian arahan dan bimbingan bagi orang-orang yang bekerja di suatu organisasi. 

Dengan kata lain manajemen sumber daya manusia meliputi  proses pengadaan, pengembangan dan pemeliharaan aset utama organisasi, yaitu karyawan demi mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien. 

Karena perannya yang strategis ini, maka jika manajemen sumber daya manusia diterapkan secara efektif maka dapat berkontribusi pada arah dan pencapaian tujuan perusahaan. 

Fungsi manajemen sumber daya manusia. Rekrutmen adalah salah satu fungsi dari manajemen sumber daya manusia.

Secara umum ada tiga fungsi besar dari manajemen sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan, yaitu: 

1. Fungsi Manajerial 
Ini berkaitan dengan fungsi dasar manajemen, yaitu: 

Perencanaan, berkaitan dengan penentuan jumlah dan jenis karyawan yang dipierlukan untuk mencapai tujuan organisasi. 
Pengorganisasian, berkaitan dengan alokasi tugas antara anggota dan hubungannya untuk diintegrasikan demi tercapainya tujuan organisasi. Pengarahan, mendorong karyawan untuk berkontribusi maksimal melalui arahan dan motivasi yang tepat 
Kontrol, berkaitan dengan pemeriksaan kinerja karyawan untuk diverifikasi dan dibandingkan dengan rencana. Jika ditemukan adanya penyimpangan dari plan, maka langkah kontrol akan diambil. 

2. Fungsi Operatif 
Sementara itu fungsi operatif dari manajemen sumber daya manusia, antara lain mencakup beberapa hal seperti : 
  1. Perekrutan. Ini meliputi proses mengidentifikasi kesenjangan talent dalam perusahaan dan menemukan orang yang tepat untuk mengisi peran tersebut. Adapun proses rekrutmen karyawan umumnya melibatkan empat tahap yaitu: Analisis pekerjaan. Mendefinisikan berbagai aspek pekerjaan melalui deskripsi dan spesifikasi pekerjaan untuk mengidentifikasi tugas yang diperlukan beserta syarat apa harus dipenuhi kandidat untuk posisi tersebut. Sourcing. Mencakup berbagai teknik yang digunakan perusahaan untuk menarik calon potensial demi mengisi posisi tertentu. Penyaringan dan seleksi. Proses mengevaluasi pelamar kerja sesuai keterampilan, kualifikasi, kompetensi dan pengalaman terkait. Pemilihan kandidat yang tepat. Setelah dipilih akan dilanjutkan dalam orientasi untuk membantu karyawan baru menjadi anggota produktif perusahaan.
  2. Orientasi karyawan. Fungsi utama lain dari manajemen sumber daya manusia adalah orientasi karyawan atau yang juga dikenal dengan onboarding. Ini adalah proses yang ditujukan untuk memberi informasi yang memadai kepada calon karyawan baru mengenai target, peraturan kebijakan dan kegiatan perusahaan secara umum. Dengan tahapan ini diharapkan karyawan baru dapat beralih ke perusahaan secara efektif. Orientasi karyawan sendiri terbilang proses yang cukup luas. Itu sebabnya departemen HR di tiap perusahaan biasanya memiliki metode yang berbeda-beda. Misalnya dilakukan melalui ceramah, pertemuan, video, pelatihan, tim building, dan lain-lain. 
  3. Pengembangan karyawan. Ini mengacu pada semua upaya yang diperlukan demi meningkatkan efektifitas pribadi, tim dan organisasi. Salah satu aspek dalam fungsi manajamen sumber daya manusia tersebut adalah pengembangan bakat. Hal ini dilakukan dengan melibatkan penyelarasan antara skill karyawan dengan kebutuhan perusahaan. Itu sebabnya fungsi ini dapat dilakukan dengan memberikan pelatihan, pengarahan atau peningkatan peluang karier karyawan. Fungsi  ini erat kaitannya dengan tujuan retensi karyawan. Alih-alih harus mengeluarkan biaya untuk selalu mempekerjakan karyawan baru, manajemen sumber daya manusia melalui pengembangan karyawan dapat menjadi solusi lain karena dapat meningkatkan kualitas tenaga kerja yang ada di perusahan saat itu. 
  4. Manajemen kinerja. Memeriksa dan menganalisis kinerja karyawan adalah fungsi penting lainnya dalam manajemen sumber daya manusia. Biasanya eksekutif perlu menilai ulang desain sistem dan praktik manajemen kinerja untuk memasukkan unsur seperti umpan balik berkelanjutan, penetapan tujuan dan komunikasi sebagai prioritas. 
  5. Manajemen kompensasi. Manajemen sumber daya manusia memiliki fungsi untuk menentukan pembayaran berbagai jenis pekerjaan dan kompensasi seperti insentif, bonus dan manfaat yang terkait fungsi pekerjaan 
  6. KebijakanMenyusun, merevisi, menerbitkan dan menerapkan kebijakan organisasi yang penting untuk diperlakukan adil bagi semua karyawan 
  7. Kesejahteraan karyawan. Menangani berbagai layanan, manfaat dan fasilitas yang diberikan kepada karyawan untuk kesejahteraan mereka.
  8. Pengelolaan data pribadi. Melibatkan pencatatan, pemeliharaan dan pengambilan informasi terkait karyawan. Seperti riwayat pekerjaan, jam kerja, dan lain-lain. 
3. Fungsi penasihat 
Tidak hanya dua fungsi di atas saja yang dilakukan oleh bagian di manajemen sumber daya manusia, namun masih ada juga fungsi lain sebagai penasihat di antaranya berupa: 

Memberikan saran kepada kepada departemen tentang kebijakan yang berkaitan dengan proses rekrutmen, deskripsi pekerjaan, seleksi dan penilaian. 
Memberikan saran kepada manajemen puncak terkait tentang penilaian tenaga kerja, karena nantinya akan berhubungan erat dengan fungsi manajemen SDM untuk meningkatkan moral karyawan dan memelihara hubungan antar karyawan.  
Sekarang kamu sudah mengerti peran dan fungsi penting dari manajemen sumber daya manusia dalam perusahaan, bukan? 

Manajemen SDM yang seimbang penting bagi produktivitas dan sinergi dalam organisasi. Dengan menerapkan manajemen sumber daya manusia yang baik dan didedikasikan demi kemajuan dan pertumbuhan organisasi, maka hal ini tentu dapat berkontribusi bagi kesuksesan perusahaan kamu nanti. 

Related Posts



Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini? Klik...

Comments

Kirim E-mail anda dapatkan artikel berlangganan gratis....

Enter your email address:

DELIVERED BY sptirtadharma.net ||| 🔔E-mail : pdamsptd86@gmail.com

🔝POPULAR POST

ENAM CIRI CIRI BOS PELIT TINGKAT DEWA

RESIKO PETUGAS PDAM TERHADAP PELANGGAN

SEJARAH PERKEMBANGAN DEMOKRASI DIBARAT

EMPAT TIPS TIDAK MUDAH DIADU DOMBA REKAN KERJA DIKANTOR

MEMBUAT RUTE BACA METER DAN TIPS AGAR TAHU TOTAL PEMAKAIAN

FOLLOWERS