TUJUH CARA MUDAH UNTUK MENINGKATKAN DAYA INGAT

Daya ingat merupakan salah satu kemampuan yang dimiliki manusia dengan memaksimalkan otak. Daya ingat sangat penting fungsi dan penggunaannya karena dengan adanya daya ingat maka kegiatan, belajar dan bekerja menjadi mudah fungsinya.


Banyaknya beban pikiran bisa membuat daya ingat Anda menjadi lebih lemah dan tentu saja hal ini akan mengganggu Anda baik selama proses belajar atau bekerja. Jika Anda memiliki daya ingat yang lemah lalu bagaimana memaksimalkan daya ingat ? 7 cara ini mungkin dapat membantu.

1. Olahraga yang Teratur
Olahraga merupakan kegiatan yang bisa meningkatkan daya ingat otak. Dengan berolahraga seluruh tubuh akan bekerja dan juga terlatih sehingga tidak akan mengalami ketumpulan fungsi. Selain itu dengan olahraga aliran darah akan berjalan lancar.

Olahraga meningkatkan sistem peredaran darah. Bahkan latihan sehari-hari yang sederhana tapi rutin seperti berjalan cepat dapat meningkatkan kinerja jantung dan oksigenasi otak. Sedangkan daya ingat dibutuhkan kinerja otak. Cukup dengan berolahraga selama 20 menit setiap hari, Anda juga bisa menerapkannya dengan cara berenang, lari ringan atau bersepeda setiap harinya.

2. Makanan yang bernutrisi
Makanan bernutrisi merupakan alternatif kedua dimana Anda bisa meningkatkan daya ingat pada otak. Makanan merupakan sumber energi dan sumber nutrisi untuk menambah kinerja organ tubuh semakin baik lagi.

Survei dalam beberapa dekade terakhir, telah menunjukkan bahwa makanan tertentu dapat berkontribusi untuk meningkatkan fungsi sirkuit saraf dari otak yang mengontrol daya ingat. Makanan yang bisa dikonsumsi merupakan makanan jenis berserat, kaya antioksidan dan bervitamin. Semua nutrisi tersebut bisa didapat di dalam buah.

3. Tidur dengan Baik
Selanjutnya yakni tidur yang teratur dan benar. Kebanyakan orang terlalu lama tidur yang menyebabkan otak tidak digunakan untuk berpikir dalam waktu yang lama, atau sebaliknya ketika Anda memaksa untuk begadang dan menggunakan otak terlalu lama dan tidak istirahat. Tidur delapan jam sehari agar otak bisa beristirahat dan kembali dengan segar keesokan harinya.

Namun di dunia yang sibuk seperti sekarang, apalagi buat mereka yang sekolah dan bekerja, tidur delapan jam sehari sulit rasanya. Cara lain yang bisa dilakukan untuk tetap bisa memberikan otak istirahat yang cukup. Setelah berkegiatan luangkan waktu sejenak untuk mengistirahatkan otak.

4. Memainkan Permainan
Permainan dibuat tidak hanya untuk menghibur dan mengisi waktu kosong. Bermain ternyata bisa meningkatkan kinerja otak dan daya ingat. Apalagi permainan sekarang ini sudah dikategorikan untuk masing-masing bagian kinerja otak, seperti konsentrasi, daya ingat, refleksi dan lainnya. Anda bisa menemukan berbagai permainan otak dalam aplikasi di smartphone.

Lakukanlah cukup 20 menit saja per hari, karena jika terlalu sering dilakukan, otak akan terbiasa dan Anda akan kecanduan. Bermainlah untuk menghibur dan menyenangkan tubuh dari kegiatan yang super padat.

5. Bergaul dan Bersosialisasi
Bergaul ternyata bisa meningkatkan daya ingat. Bersosialisasi dan bergaul mengasah otak untuk mengingat momentum atau kejadian dan orang-orang yang ada didalamnya. Manfaatkan konsep supel dan mudah bergaul. Jangan menjadi orang yang anti sosial karena Anda tidak akan tahu dunia.

Kerugian lainnya adalah tidak bisa mencoba langsung seberapa hebat daya ingat Anda sebenarnya. Misalnya bagi para anti sosial akan sulit mengingat teman saat masih di sekolah dasar.

6. Jangan Berhenti Belajar dan Berusaha
Bagaimana Anda mau mengingatnya jika tidak pernah belajar atau mengulang kembali apa yang perlu diingat. Terutama untuk mahasiswa dan juga anak-anak sekolah. Membaca, mengikuti kuliah, program, informasi di televisi dan internet, merupakan sumber pendidikan berkelanjutan untuk otak Anda yang tentu saja akan mendatangkan hasil yang bermanfaat untuk perkembangan daya ingat Anda. Asah kemampuan daya ingat Anda untuk hal-hal yang berguna.

7. Sering Membaca
Mungkin salah satu kebiasaan ini ada yang menyukainya ada juga yang tidak. Karena bagi beberapa orang membaca merupakan hal yang membosankan dan juga membuat Anda mudah mengantuk. Padahal semakin banyak membaca maka daya ingat semakin terasah.

Mengikuti sistem pisau semakin diasah akan semakin tajam, maka otak akan ikut terasah jika semakin membaca. Luangkan waktu,  walaupun hanya untuk membaca hal-hal kecil seperti artikel atau berita sekilas yang sering ada pada ponsel pintar sekarang ini.

Gaya Hidup Sehat Kunci Daya Ingat yang Sehat
Gaya hidup sehat tidak hanya kunci untuk tubuh yang sehat tapi juga dapat meningkatkan daya ingat, terus terapkan gaya hidup yang sehat demi kelancaran Anda belajar dan bekerja. Dengan daya ingat yang baik tentu akan mempermudah Anda dalam mendapatkan hasil kerja yang lebih baik. Baca Juga : Tiga-cara-mempersiapkan-referensi

Related Posts



Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini? Klik...

Comments

Kirim E-mail anda dapatkan artikel berlangganan gratis....

Enter your email address:

DELIVERED BY sptirtadharma.net ||| 🔔E-mail : pdamsptd86@gmail.com

🔝POPULAR POST

ENAM CIRI CIRI BOS PELIT TINGKAT DEWA

RESIKO PETUGAS PDAM TERHADAP PELANGGAN

SEJARAH PERKEMBANGAN DEMOKRASI DIBARAT

EMPAT TIPS TIDAK MUDAH DIADU DOMBA REKAN KERJA DIKANTOR

MEMBUAT RUTE BACA METER DAN TIPS AGAR TAHU TOTAL PEMAKAIAN

FOLLOWERS