ALGORITMA BERT MENDORONG CARA KERJA LONG TAIL KEYWORD KE-TEPI

Algoritma Google juga terus berubah, terakhir mesin pencarian memiliki algoritma Bert yang berbeda daripada sekedar usaha memasang keyword.

Apa Itu Algoritma BERT di Google?

WordStream menyampaikan bahwa BERT adalah salah satu temuan Google yang revolusioner dalam dunia pencarian digital.

Algoritma ini ternyata sudah digunakan Google sejak 21 Oktober 2020, lho.

Melansir Search Engine Journal, BERT (Bidirectional Encoder Representations from Transformers) adalah algoritma deep learning yang dirancang untuk mengolah natural language processing.

Menurut Bill Slawski, seorang pakar algoritma pencarian, BERT bisa membuat Google memahami teks natural language dari web.

Jadi, mesin pencari bisa memahami apa arti dari sebuah kalimat dan konteksnya.

Nah, dengan kemampuan ini, Google bisa memberikan hasil pencarian yang lebih relevan dan memuaskan bagi para penggunanya.

Meskipun keyword atau kalimat yang kamu masukkan ke dalam Google kurang lengkap atau sempurna secara struktur, tujuan pencarianmu akan tetap dipahami. Ini karena Google sudah bisa mengerti konteks dan maksudmu.

Google BERT adalah teknik atau sistem berbasis neural network.

Neural network sendiri adalah jaringan saraf tiruan dalam machine learning dan artificial intelligence yang mencoba meniru sistem kerja otak manusia.

Sistem ini digunakan untuk pre-training natural language processing, di mana mesin bisa belajar dan meningkatkan kemampuannya.

Jaringan neuron buatan ini semakin lama akan semakin memahami pola pencarian yang digunakan di Google. Dengan begitu, hasil yang ditampilkan semakin bagus.

Dampak BERT pada SEO

Selain membuat pencarian lebih akurat, dampak lain BERT adalah pada organic ranking dan featured snippet di Google.

Oleh karena itu, para profesional yang bekerja di bidang SEO wajib memahami algoritma terbaru ini.

Pada dasarnya, BERT dibuat Google bukan untuk mempersulit situs untuk mendapatkan ranking yang tinggi ataupun justru mempermudahnya.

BERT lebih berfokus pada meningkatkan experience atau pengalaman pengguna saat melakukan pencarian.

Hanya saja, tentu tetap penting untuk membuat konten situs seperti artikel dan lainnya dengan mempertimbangkan BERT.

Agar BERT bisa mengarahkan pencarian ke situsmu, hal yang bisa dilakukan adalah memastikan bahwa konten yang dibuat relevan dan menjawab kebutuhan pengguna.

Semakin banyak dan akurat, maka semakin mudah juga bagi BERT untuk mendeteksinya.

Kalau tidak, algoritma BERT akan merasa situsmu tidak relevan dan mencari yang lebih baik untuk ditampilkan.

Nah, itu tadi adalah penjelasan Glints soal BERT, algoritma terkini Google yang membuat pencarian semakin mudah. Tentunya, BERT bukanlah satu-satunya algoritma yang digunakan Google untuk bekerja.

Secara global telah terjadi 10% perubahan pada mesin pencarian. Namun karena masih dalam tahap belajar BERT akan membutuhkan waktu lebih banyak agar dia menjadi semakin pintar dari waktu ke waktu. Ini seperti bagian dari program "machine learning" mesin yang mampu belajar. Perhatikan Algoritma dengan umpan dua arahnya:

Contoh umpan dua arah pada BERT

contoh umpan dua arah pada BERT. image Source Google A.I blog

BERT memiliki algoritma yang dapat dilatih untuk menjawab setiap pertanyaan dan menjadikan mesin telusur menjadi lebih baik dari sebelumnya. Tidak seperti sebelumnya mesin pencari mencari situs situs, atau alamat web, maka BERT mencari PERTANYAAN dan MEMECAHKAN pertanyaan setiap orang. 

Awas efeknya terhadap kata kunci pada kata pencarian akan menjadi berubah, tidak akan sama seperti yang di ajarkan oleh para web master sebelumnya. BERT tidak akan tertipu oleh kunci kata, karena dia mampu mencerna pertanyaan dengan algoritma kecerdasan lebih rumit dan inteligent. Dia mampu mengenali manipulasi dan trik lebih pintar dari manusia.

Jadi apa yang harus kita lakukan? Banyak, diantaranya:

  • Buatlah konten yang berkualitas dan di butuhkan manusia
  • Promosikan tulisan walau dengan cara gratisan melalui medsos
  • Jadikan diri Anda sebagai penulis dengan kredibilitas tinggi ya dengan cara rajin membuat konten berkualitas tadi.

Bert sangat cerdas dan kini mesin penelusur telah menggunakannya, ia adalah kecerdasan berbasis A.I. yang dapat di latih untuk memahami sebuah pertanyaan dan mencari jawabannya lebih dalam dan lebih alami ketimbang mengandalkan kata kunci seperti yang selama ini menjadi praktik oleh perusahaan perusahaan berbasis web demi untuk bisa di temukan dengan lebih mudah oleh para pengguna di dunia maya.

Bert akan menyajikan cara dan metode yang berbeda sama sekali. Kata kunci mugkin masih akan di pakai oleh para pegiat teknologi web, akan tetapi itu akan segera menjadi sangat jadul di mata mesin pencari. Anda yang berbisnis di bidang ini dan tidak mau move on mungkin akan gusar, akan tetapi faktanya dan segalanya telah berubah. Walau keyword masih ada namun Bert telah mendorongnya ke tepi.

Dan segalanya memang akan berubah, tidak ada yang dapat menahannya. Keyword Anda menjadi tidak bermanfaat lagi karena mesin telusur tidak lagi bergantung padanya. Sekarang mesin telusur telah memiliki 'sesuatu' yang cerdas dan memahami apa yang dinginkan oleh calon pengunjung suatu situs dengan sangat cerdas dan lebih akurat, lebih menghemat waktu dan lebih bermanfaat daripada sekedar menebak nebak.

Tahu manfaatnya? 

Ketimbang lebih memprioritaskan model keyword yang di sematkan ke dalam artikel seperti selama ini, bert akan melakukan pencarian dengan lebih adil. Jika selama ini situs situs kaya telah bekerja keras untuk riset keyword dan bahkan membayar, dan bahwa selama ini dengan cara itu mesin pencari mengangkut konten mereka ke permukaan untuk menjadi page one. Namun kini mesin pencari di bantu oleh Bert hanya akan mengangkut konten yang paling releven dan paling di butuhkan ke permukaan.

Jadi begini, jika query pertanyaan di ketik ke mesin kolom pencarian seperti ini:

"ALGORITMA BERT MENDORONG CARA KERJA LONG TAIL KEYWORD KE-TEPI"

Sebelumnya ketika kata kunci alias keyword yang berkuasa, maka yang muncul adalah konten konten terkait dengan hal tersebut dari situs situs besar saja. Akan tetapi ketika Bert memahami apa yang di inginkan oleh pengunjung, maka yang muncul adalah benar benar konten yang di inginkan oleh pengunjung tersebut.

Tampak Bert juga memahami bahwa pengunjung ingin hal hal sederhana namun berguna bagi mereka. Baca Juga : Algoritma-bert-telah-diadopsi

Artinya situs kecil yang memiliki konten lebih bagus memiliki peluang lebih besar untuk menjadi page one. Keyword pasti masih akan di pergunakan, namun kita tidak perlu lagi memusingkannya. Selamat tinggal keyword, kami tetap akan menggunakanmu terutama akan menjadi lebih mudah begitu long tail keyword akan lebih banyak dipergunakan.

Related Posts



Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini? Klik...

Comments

  1. BERT adalah A.I dan ia merupakan teknik open source berbasis jaringan neural untuk pelatihan awal natural language processing (NLP). Dengan BERT, hasil pencarian Google Search mampu ditampikan lebih baik dari sebelumnya.

    hasil pencarian yang ditampilkan pun lebih relevan dengan keinginan pengguna. Terlebih, BERT mampu mengenali susunan kata dalam sebuah frasa atau kalimat untuk memahami maksudnya.

    Google sendiri bukan hanya memiliki Algoritma Bert ia juga memiliki panda, hummingbird, penguin, mobile, rankbrain, Medic, Core Updateds.

    Masing masing algoritma memiliki tugas khusus, misalnya Panda bertugas mendeteksi:
    -Konten plagiat
    -Konten tidak berkualitas
    -SPAM konten
    -Konten hasil dari user generated
    -Keyword stuffing

    Sedangkan Pinguin Fokus utama dari algoritma Google Penguin ini terletak pada link yang tidak relevan, spam backlink dan over optimasi pada anchor text.

    Dan lain lain.

    ReplyDelete

Post a Comment

✅SILAHKAN KOMENTAR ANDA DALAM RANGKA MEMBERIKAN MASUKAN KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ARTIKEL ATAU KONTEN INI ‼️

Kirim E-mail anda dapatkan artikel berlangganan gratis....

Enter your email address:

DELIVERED BY sptirtadharma.net ||| 🔔E-mail : pdamsptd86@gmail.com

🔝POPULAR POST

ENAM CIRI CIRI BOS PELIT TINGKAT DEWA

RESIKO PETUGAS PDAM TERHADAP PELANGGAN

SEJARAH PERKEMBANGAN DEMOKRASI DIBARAT

EMPAT TIPS TIDAK MUDAH DIADU DOMBA REKAN KERJA DIKANTOR

MEMBUAT RUTE BACA METER DAN TIPS AGAR TAHU TOTAL PEMAKAIAN

FOLLOWERS