BIOGRAFI SAID IQBAL, TOKOH PERGERAKAN KAUM BURUH

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal.

Profil Said Iqbal, Tokoh Pergerakan Kaum Buruh

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal. 

Nama Said Iqbal masuk dalam trending topik baru-baru ini setelah bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (5/10/2020). Siapa Said Iqbal? Berikut profil Said Iqbal selengkapnya.

Said Iqbal yang menjabat sebagai Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menemui Jokowi terkait RUU Omnibus Law. Ia juga membantah bahwa undangan ke Istana itu terkait isu tawaran jabatan wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker).

Pertemuan Said Iqbal dengan Presiden Joko Widodo hanya membahas aspirasi buruh soal UU Omnibus Law yang saat itu belum disahkan oleh DPR RI.

Berikut profil Said Iqbal dan perjalanan kariernya yang dirangkum dari berbagai sumber.

Latar Belakang dan Riwayat Pendidikan Said Iqbal

Said Iqbal lahir di Jakarta, 5 Juli 1968. Ia dikenal sebagai seorang tokoh pergerakan kaum buruh.

Ia pernah menempuh pendidikan di SMA Negeri 51 Jakarta, Politeknik (Teknik Mesin) Universitas Indonesia, S1 Teknik Mesin Universitas Jayabaya dan master ekonomi (S2) Universitas Indonesia.

Said Iqbal juga merupakan anggota tim perumus Undang-Undang No 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan Undang-Undang No 2 Tahun 2004 tentang Pengaduan Perburuhan.

Karier Said Iqbal

Ir. Said Iqbal, ME merupakan seorang tokoh pergerakan kaum buruh yang kini menjabat sebagai Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan sekaligus sebagai Presiden Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI). Baca Juga : Cara-perhitungan-bonus-tahunan-karyawan

Sejak tahun 1992, Said Iqbal turun menjadi aktivis buruh dan diangkat sebagai ketua umum serikat pekerja di perusahaan elektronik di Bekasi, Jawa Barat dan menjabat hingga saat ini. Said Iqbal juga mendirikan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) setelah reformasi.

Prestasi Said Iqbal

Tahun 2013, Said Iqbal dianugerahi penghargaan internasional sebagai Tokoh Buruh Terbaik Dunia, The Fese Elisabeth Velasquez Award oleh serikat pekerja Belanda. 

Penghargaan itu, Said Iqbal menyingkirkan 200 kandidat buruh sebagai Tokoh Buruh Terbaik  Dunia.Nah, itulah profil Said Iqbal, tokoh pergerakan kaum buruh. Sumber : Suara.com

Related Posts



Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini? Klik...

Comments

Kirim E-mail anda dapatkan artikel berlangganan gratis....

Enter your email address:

DELIVERED BY sptirtadharma.net ||| 🔔E-mail : pdamsptd86@gmail.com

🔝POPULAR POST

ENAM CIRI CIRI BOS PELIT TINGKAT DEWA

RESIKO PETUGAS PDAM TERHADAP PELANGGAN

SEJARAH PERKEMBANGAN DEMOKRASI DIBARAT

EMPAT TIPS TIDAK MUDAH DIADU DOMBA REKAN KERJA DIKANTOR

MEMBUAT RUTE BACA METER DAN TIPS AGAR TAHU TOTAL PEMAKAIAN

FOLLOWERS