MEMILIKI KECERDASAN EMOSIONAL DITEMPAT KERJA DAPAT MENINGKATKAN KESUKSESAN

Kecerdasan emosional memungkinkan seseorang untuk memelihara hubungan yang sehat dengan orang lain. Memiliki kecerdasan emosional di tempat kerja dapat meningkatkan kesuksesan.

Berikut ini paparan Erin Leonard, Ph.D. seorang psikoterapis dan penulis tiga buku tentang hubungan dan pergaulan. Tiga contoh kehidupan nyata dari kecerdasan emosional menjelaskan konsep teoretis ini. 

Penyesuaian emosional dengan orang lain, kesadaran diri, dan kemampuan untuk mengenali, mengidentifikasi, dan mengungkapkan keadaan perasaan adalah elemen dari EQ.

Kecerdasan emosional mengilhami kolaborasi, memfasilitasi kepercayaan dalam hubungan, dan memungkinkan seseorang untuk membantu dan memberdayakan orang lain. Wawasan yang diperoleh dari kecenderungan cerdas secara emosional sering kali mendorong pertumbuhan dan kebahagiaan pribadi. Memahami seperti apa EQ dalam "kehidupan nyata" dapat membantu seseorang terus mengembangkan kualitas-kualitas ini. Tiga atribut sangat menyarankan seseorang beroperasi dengan EQ tinggi.

Pertama, seseorang yang selaras secara emosional dengan orang lain biasanya cerdas secara emosional. Merasakan keadaan perasaan orang lain memungkinkan seseorang untuk bertindak secara sadar dan menanggapi kebutuhan emosional teman, kolega, dan orang yang dicintai.

Misalnya, Amy adalah manajer proyek di perusahaannya. Pada Senin pagi, dia mengumpulkan timnya untuk mendiskusikan kemajuan mereka di akun terkenal. Selama pertemuan, Amy memperhatikan bahwa Tim, seorang anggota tim, sangat pendiam dan tampak cemas.

Setelah rapat ditunda, Amy mampir ke kantor Tim dan bertanya apakah semuanya baik-baik saja. Tim mengundangnya masuk dan dengan penuh air mata berbagi bahwa istrinya mengajukan gugatan cerai. Amy beresonansi dengan tekanan emosionalnya dan mengomunikasikan pemahaman, "Anda terluka dan mungkin merasa seolah-olah dunia Anda runtuh di sekitar Anda." Tim merasakan empati tulus Amy dan mengidentifikasi serta mengartikulasikan beberapa emosi tambahan yang menyakitkan. Amy berempati.

Tim mengakui bahwa dia adalah orang pertama yang dia beri tahu dan mengakui kelegaan yang dia rasakan saat membicarakannya. Amy mendorongnya untuk menemukannya jika dia perlu berbicara lagi dan bertanya apakah dia perlu waktu istirahat. Tim menunjukkan bahwa pekerjaan adalah pengalih perhatian yang berguna dan dia juga menganggap dukungan Amy sangat membantu. Amy tersenyum dan memberi Tim kartu terapis lokal sebagai sumber tambahan.

Atau, katakanlah Amy tidak terbiasa dengan keadaan emosional Tim. Dia secara terbuka menegurnya karena kurangnya partisipasi dalam pertemuan tersebut. Kecemasan Tim meningkat. Dia kembali ke kantornya dan mengalami serangan panik. Tidak dapat berfungsi, ia meninggalkan pekerjaan dan mengambil hari sakit.

Amy sangat marah. Dia percaya Tim sedang "menjatuhkan bola" pada saat yang kritis dan mengirim email kepadanya, "Maaf Anda sakit, tapi ini bukan saat yang tepat. Anda meninggalkan kami dalam kesulitan. Anda perlu bekerja dari rumah untuk menebus kehilangan.”

Setelah Tim membaca emailnya, dia mogok. Dia menghadapi perceraian dan bos yang marah padanya. Kesehatan mentalnya memburuk, dan dia kehilangan pekerjaan tambahan. Meskipun Tim adalah karyawan terkuat Amy, Amy sangat marah dan mencari alasan untuk memecatnya. Baik Tim maupun Amy kalah dalam situasi ini karena kurangnya empati Amy.

Kedua, individu yang sadar diri seringkali cerdas secara emosional. Kemampuan untuk melihat diri sendiri secara rutin mengarah pada wawasan. Kemampuan introspeksi ini membantu seseorang dalam menyadari kesalahan dalam suatu hubungan. Pengetahuan bahwa kata-kata atau tindakannya berdampak negatif terhadap teman atau orang yang dicintai memungkinkan dia untuk memperbaiki kesalahan langkah.

Misalnya, Pete sedang makan siang bersama teman-temannya. Dia senang mengumumkan bahwa dia dan pasangannya sedang hamil anak pertama mereka. Sorak-sorai dan bersulang mengikuti pengumumannya.

Dalam perjalanan pulang, dia ingat bahwa seorang teman di pertemuan itu baru saja keguguran. Dia khawatir waktunya tidak sensitif. Dia menghubungi temannya dan meminta maaf. Dia menerima permintaan maafnya dan meyakinkannya bahwa dia tidak salah tetapi menghargai panggilannya.

Dia juga membuka tentang kegugurannya. Pete mendengarkan dan berempati dengan kesedihannya. Keduanya terikat, dan sebulan kemudian, Pete adalah orang pertama yang dia hubungi ketika dia tahu dia hamil lagi.

Di sisi lain, katakanlah Pete melebih-lebihkan pengumumannya dan mencurahkan perhatiannya. Dia memonopoli pusat perhatian dan berbicara tentang bayi dan rencana besarnya. Teman yang mengalami keguguran minggu sebelumnya terkejut dengan pengumumannya. Dia berasumsi makan siang direncanakan di sekitar teman luar kota yang sedang berkunjung.

Meskipun dia bahagia untuk Pete, kesedihan membanjirinya dalam perjalanan pulang. Dia berharap dia akan mempersiapkannya. Merasa sendirian dan terluka oleh ketidakpekaan Pete, dia menjauhkan diri dari kelompok teman pada saat dia sangat membutuhkan dukungan mereka. Dia dan Pete tumbuh terpisah.

Ketiga, seseorang yang berhubungan dengan emosinya yang tidak nyaman dapat mengidentifikasi, mengungkapkan, dan mendiskusikan nuansa keadaan emosi tertentu. Membedakan antara keadaan perasaan seperti kekecewaan, sakit hati, iri hati, marah, frustrasi, malu, sedih, takut, dan kebingungan dapat membantu seseorang membongkar dan memahami emosi yang intens dan berlebihan. Pemahaman ini membantu seseorang bertindak berdasarkan emosi yang sulit secara konstruktif, bukan secara destruktif.

Misalnya, Lisa sedang menabung untuk membeli mobil baru. Dia telah memimpikan convertible merah untuk sebagian besar hidupnya. Setelah empat tahun menyimpan uang ekstra, Lisa memiliki cukup uang untuk membeli mobilnya. Malam sebelum janji temu di dealer, temannya, Lexi, memposting bahwa dia adalah pemilik mobil convertible baru yang bangga. Yang membuat Lisa kecewa, itu adalah merek, model, dan warna mobil yang tepat untuk dibeli Lisa.

Lisa sangat kecewa, marah, dan iri karena Lexi “memukulnya habis-habisan.” Dia berpikir untuk memposting pesan di media sosial, mengekspos Lexi sebagai "peniru," tapi dia menahan diri. Dia mentolerir emosinya yang intens dan memanggil ibunya. Saat dia berbicara dengan ibunya, dia mengidentifikasi kemarahan, kecemburuan, dan kekecewaan yang intens. Ibunya berempati dan membenarkan apa yang Lisa rasakan.

Lisa menyerap empati dan mengalami kelegaan ringan setelah memproses emosi yang intens. Lebih tenang, Lisa mampu memecahkan masalah. Dia memutuskan untuk mengganti persneling dan terus menabung sampai dia memiliki cukup uang untuk membayar uang muka di sebuah properti loteng kecil di lingkungannya. Ibu Lisa bersemangat dan mendukung Lisa dalam usaha barunya.

Sebaliknya, Lisa melampiaskan kemarahannya dan segera memanggil teman bersama, meyakinkan mereka bahwa Lexi manja dan pamer. Lisa berperan sebagai korban dan mendapatkan simpati dari teman-temannya. Sebagai sebuah kelompok, mereka memutuskan untuk "kembali" di Lexi dengan mengeluarkannya dari hari pantai yang mereka rencanakan. Lexi melihat kolase foto pantai di media sosial keesokan harinya dan terluka dan kesal. Lisa puas telah menyakiti Lexi, dan pola menghukum teman yang tidak adil terus berlanjut. Karena Lisa tidak menyadari kecemburuannya, dia bertindak berdasarkan perasaan itu secara destruktif. Baca Juga : Teladan-kesederhanaan-khalifah-umar

Memiliki penyesuaian emosional dan empati, kesadaran diri, dan kemampuan untuk berhubungan dengan emosi yang tidak nyaman memberi seseorang kesempatan untuk membantu alih-alih terluka. Seorang individu yang mewujudkan atribut-atribut ini biasanya mampu memupuk hubungan yang sehat dan dekat dengan orang lain yang memiliki kualitas ini. Selain itu, kapasitas introspeksi yang kuat cenderung membantu seseorang dalam mengatur diri sendiri, mengoreksi kesalahan, dan mengintegrasikan pertumbuhan dan perubahan permanen.

Related Posts



Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini? Klik...

Comments

Kirim E-mail anda dapatkan artikel berlangganan gratis....

Enter your email address:

DELIVERED BY sptirtadharma.net ||| 🔔E-mail : pdamsptd86@gmail.com

🔝POPULAR POST

ENAM CIRI CIRI BOS PELIT TINGKAT DEWA

RESIKO PETUGAS PDAM TERHADAP PELANGGAN

SEJARAH PERKEMBANGAN DEMOKRASI DIBARAT

EMPAT TIPS TIDAK MUDAH DIADU DOMBA REKAN KERJA DIKANTOR

MEMBUAT RUTE BACA METER DAN TIPS AGAR TAHU TOTAL PEMAKAIAN

FOLLOWERS