TEKNIS PENYUSUNAN ANALISIS BEBAN KERJA (ABK)

Ruslan. ST (photo dok)

LATAR BELAKANG

Peraturan bersama Menteri PAN dan RB Menteri dalam negeri , dan menteri keuangan Nomor : 02/SPB/M-RB/8/2011/800- 632 Tahun 2011 Tanggal : 24 Agustus 2011 Pasal 3 Ayat (1). Dalam masa penundaan dilakukan perhitungan jumlah kebutuhan pegawai negeri sipil yang tepat berdasarkan analisis jabatan dan beban kerja Pasal 6 Instansi Pusat dan daerah selain menghitung jumlah kebutuhan PNS juga menyusun proyeksi kebutuhan PNS selama 5 ( lima ) tahun kedepan

FAKTOR FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN

Standar Kemampuan Rata-Rata Norma waktu Norma waktu adalah standar kemampuan rata-rata pegawai dalam menyelesaikan tugas yang diukur berdasarkan satuan waktu, dalam perhitungannya digunakan rumus : Norma waktu = orang x Waktu Hasil Contoh : Operator komputer dalam waktu 60 detik dapat menghasilkan beberapa lembar ketikan, misalnya 6 lembar ketikan.

Standar kemampuan rata-rata, Norma Hasil adalah standar kemampuan rata- rata pegawai dalam menyelesaikan tugas yang diukur berdasarkan satu satuan hasil dapat diperoleh dalam waktu beberapa lama, Dalam penghitungannya digunakan rumus : Norma Hasil = Hasil Orang x waktu Contoh : Penganalisis Formasi Pegawai untuk menghasilkan pertimbangan teknis atas usul tambahan formasi CPNS dari satu instansi diperlukan waktu 60 menit

WAKTU KERJA

Jam Kerja efektif (JKE) terdiri dari jumlah jam kerja formal dikurangi dengan waktu kerja yang hilang karena tidak bekerja seperti melepas lelah, istirahat makan dan sebagainya.Dalam menghitung jam kerja efektif digunakan ukuran sebagai berikut :

a. JKE Perhari = 1 hari x 5 jam= 300 mnt

b. JKE Perminggu = 5 hari x 5 jama = 25 jam = 1.500 mnt

c. JKE Perbulan = 20 hari x 5 jam = 100 jam = 6000 mnt

d. JKE Pertahun = 240 hari x 5 jam = 1.200 = 72.000 mnt

PERHITUNGAN KEBUTUHAN PEGAWAI

  • Pendekatan Hasil Kerja. Pendekatan hasil kerja adalah metode penghitungan kebutuhan pegawai dengan mengidentifikasi beban kerja dan hasil kerja jabatan, Metode ini dipergunakan untuk jabatan yang hasil kerjanya fisik atau bersifat kebendaan. Perlu diperhatikan juga bahwa metode ini efektif dan mudah digunakan untuk jabatan yang hasil kerjanya hanya satu jenis.
  • Lanjutan Penghitungan kebutuhan (1). Rumus : (a) Beban kerja x 1 Orang Orang Standar kemampuan Rata-rata Contoh : Jabatan : Operator Komputer Hasil kerja : Data entrain Beban kerja : 200 Data entrain Standar Kemampuan Rata-rata ; 300 data/Hari Kebutuhan Pegawai = 200 data entrian X 1 Orang 30 Data perhari = 6,7 Orang = 7 Orang (dibulatkan).

PENGHITUNGAN KEBUTUHAN PEGAWAI

Pendekatan Tugas pertugas, Metode ini dipergunakan untuk menghitung kebutuhan pegawai pada jabatan yang hasil kerjanya abstrak atau beragam, artinya Hasil kerja dalam jabatan tersebut banyak jenisnya. Rumus : (a) WPT X 1 Orang WKE/Hariq Waktu penyelesaian Tugas ( WPT) Adalah waktu yang digunakan dalam menyelesaikan tugas tersebutq Waktu kerja Efektif ( WKE) Adalah jam kerja efektif yang digunakan dalam 1 Hari. Baca Juga : Panduan-lengkap-membuat-analisa-beban

CONTOH PERHITUNGAN KEBUTUHAN PEGAWAI

Jabatan Pemroses Naskah Perjanjian Kerjasama dan kontrak pada SubBagian Bantuan Hukum. No Uraian Tugas Satuan Waktu Standar Beban Pegawai Hasil penyelesaian kinerja kerja yang dibutuhkan1 Menerima dan Laporan 15 mnt 300 mnt 7 0,35 mengumpulkan laporan-laporan. Mensortir dan Laporan 30 mnt 300 mnt 6 0,6 mengklarifikasi laporan 3 Menyiapkan data Kegiatan 15 mnt 72.000 1 0,002 beban kerja mnt 4 Melaporkan kepada Laporan 15 mnt 72.000 1 0,002 Pimpinan bahan mnt konsep laporan tahun 5 Melaksanakan tugas Kegiatan 5 mnt 300 mnt 3 0,05 lain yang diberikan oleh pimpinan Jumlah = 1,004.

Related Posts



Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini? Klik...

Comments

Kirim E-mail anda dapatkan artikel berlangganan gratis....

Enter your email address:

DELIVERED BY sptirtadharma.net ||| 🔔E-mail : pdamsptd86@gmail.com

🔝POPULAR POST

ENAM CIRI CIRI BOS PELIT TINGKAT DEWA

RESIKO PETUGAS PDAM TERHADAP PELANGGAN

SEJARAH PERKEMBANGAN DEMOKRASI DIBARAT

EMPAT TIPS TIDAK MUDAH DIADU DOMBA REKAN KERJA DIKANTOR

MEMBUAT RUTE BACA METER DAN TIPS AGAR TAHU TOTAL PEMAKAIAN

FOLLOWERS