TANDA DAN CIRI PROMOSI KARYAWAN BAKAL NAIK JABATAN

Sumber Photo Pixabay.com

Jika Anda telah lama menggeluti suatu pekerjaan, mungkin Anda akan bertanya-tanya apa saja tanda-tanda yang dilakukan atasan Anda untuk mempromosikan Anda. Mungkin ada euforia yang yang tidak dapat Anda tandai dengan jelas, atau mungkin Anda memiliki rasa percaya diri baru di tempat kerja.

Mungkin karena Anda akhirnya mendapatkan promosi di tempat kerja, tetapi sulit untuk memastikannya sampai benar-benar terjadi. Dikutip Business Insider, ada 7 hal yang menandakan Anda bakal mendapat promosi di tempat kerja.

Meski demikian, tanda-tanda ini bisa saja memberikan arti yang berbeda. Sehingga, jika Anda berpikir Anda melihat tanda-tanda tersebut, Anda harus tetap fokus untuk melakukan pekerjaan terbaik Anda.

Pertama, Anda secara tiba-tiba diundang dalam pertemuan yang biasanya tidak Anda ikuti. Ini adalah pertanda bagus, terlebih lagi jika Anda diminta untuk memberikan saran. Dan jika Anda berada dalam pertemuan dengan manajemen senior, manajer dari departemen lain, atau klien utama, ini menandakan bahwa pimpinan Anda menaruh kepercayaan terhadap kemampuan Anda.

Kedua, Anda diminta untuk menangani proyek khusus dengan tanggung jawab tambahan. Ini menunjukkan bahwa Anda telah mendapatkan kepercayaan dari pimpinan Anda, dan ini adalah peluang besar untuk tumbuh dan menunjukkan keterampilan baru.

Ketiga, Anda ditawari peluang pelatihan, karena pimpinan Anda melihat kemampuan yang Anda miliki sehingga harus dikembangkan. Terlebih lagi jika Anda yang melatih rekan kerja Anda.

Keempat, Anda sering diminta untuk memberikan masukan saat rapat. Hal ini bisa berarti bahwa orang menghormati kebijaksanaan, penilaian, dan pengalaman Anda.

Kelima, Anda sering mendapat pujian dari atasan Anda. Jika Anda sering menerima email dengan kata "Good Job" dari atasan Anda, atau Anda sering dipuji di depan umum saat rapat, maka Anda berpeluang untuk dipromosikan.

Ke enam, Anda memiliki kecerdasan emosional yang tinggi, hal ini penting untuk promosi. Itu berarti Anda tidak melampiaskan amarah, marah pada orang yang salah bicara atau kasar, keluar dari rapat, atau memberikan perawatan diam-diam.

Ketujuh, Anda perlahan-lahan mengambil tanggung jawab yang tidak Anda miliki sebelumnya. Ini adalah tanda terbesar. Jika tanggung jawab Anda berada di level yang lebih tinggi dari gelar Anda, Anda akan mendapatkan promosi. 

Ciri-Ciri Karyawan yang Layak Naik Jabatan

Dari semua karyawan Anda, pasti ada beberapa yang paling menonjol kualitasnya.

Tentu karyawan yang berprestasi memiliki dedikasi yang tinggi terhadap pekerjaannya. Karyawan yang selalu konsisten dalam menunjukkan hasil kerja yang luar biasa, sangat layak mendapatkan apresiasi dari Anda sebagai bos.

Salah satu bentuk penghargaan Anda kepada karyawan terbaik, bisa dengan memberikannya kenaikan jabatan. Karyawan yang potensial pantas diberikan kepercayaan yang lebih karena dia mampu membuktikan kemampuan kerjanya.

Dengan mempromosikannya, karyawan pasti akan senang karena kariernya berkembang. Contohnya, yang awalnya hanya seorang staf, kemudian menjadi seorang manajer. Hal tersebut akan semakin meningkatkan semangat karyawan.

Namun, sebelum Anda mengangkat jabatan karyawan, berikut tips penting yang mesti diperhatikan agar Anda dapat memilih orang yang tepat.

Ada 5 Ciri Karyawan yang Layak Naik Jabatan

1. Berwawasan Luas

Karyawan yang berwawasan luas adalah tanda bahwa dia orang yang suka belajar. Kemampuan kerjanya akan terus meningkat karena dia tidak pernah puas dan selalu ingin mengembangkan diri.

Karyawan yang cerdas adalah potensi bagi perusahaan. Pemikirannya berharga dan dapat melihat visi perusahaan jauh ke depan. Dia akan memberikan kontribusi yang positif untuk masa depan bisnis Anda.

2. Pandai Bekerja Sama

cara menyampaikan kritik yang baik pada karyawan

Perhatikan bagaimana cara karyawan bekerja dalam tim. Karyawan yang bisa merangkul rekan-rekan kerjanya, memiliki potensi menjadi pemimpin yang baik dan disenangi.

Jika karyawan pandai bekerja sama, itu tandanya dia dapat membawa diri dan memiliki kemampuan interpersonal. Dia bukan tipikal orang yang egois, tetapi orang yang mengutamakan kesuksesan bersama.

3. Mau Menerima Kritik

Sehebat apapun karyawan, jika sikapnya jelek dalam menerima kritik, maka Anda akan kesulitan untuk membangun hubungan kerja yang efektif. Jika dia menjadi atasan, bawahannya pun tidak akan merasa nyaman.

Namun, karyawan yang rendah hati akan lebih baik dalam mengembangkan potensi dan memperbaiki kinerjanya. Dia bisa menjadi atasan yang bijaksana dan menyenangkan untuk diajak bertukar pikiran.

4. Seorang “Problem Solver”

Karyawan yang layak naik jabatan bisa dilihat dari caranya mengatasi masalah dalam pekerjaan. Seorang problem solver akan mampu mengambil keputusan dan menawarkan solusi yang tepat. Baca Juga : Peranan-satuan-pengawas-intern-spi

Tipe karyawan seperti ini cocok menjadi pemimpin. Dia akan mengarahkan timnya dengan benar dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan segala tantangan yang dihadapi perusahaan.

5. Penilaian Kerja Bagus

Bersama HRD, amati kinerja karyawan Anda dari setiap bulan. Perhatikan absensinya apakah rajin masuk kerja, apakah selalu mencapai target, dan sebagainya.

Karyawan yang selalu konsisten mendapatkan penilaian yang bagus dalam segala aspek, itu tandanya dia profesional dan menyukai pekerjaannya. Dia pantas untuk mendapatkan tanggung jawab yang lebih besar di perusahaan Anda.

Nah, itulah ciri-ciri karyawan yang layak naik jabatan. Semoga Anda bisa mempertimbangkan tips di atas saat memilih karyawan untuk dipromosikan.

Related Posts



Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini? Klik...

Comments

Kirim E-mail anda dapatkan artikel berlangganan gratis....

Enter your email address:

DELIVERED BY sptirtadharma.net ||| 🔔E-mail : pdamsptd86@gmail.com

🔝POPULAR POST

ENAM CIRI CIRI BOS PELIT TINGKAT DEWA

RESIKO PETUGAS PDAM TERHADAP PELANGGAN

SEJARAH PERKEMBANGAN DEMOKRASI DIBARAT

EMPAT TIPS TIDAK MUDAH DIADU DOMBA REKAN KERJA DIKANTOR

MEMBUAT RUTE BACA METER DAN TIPS AGAR TAHU TOTAL PEMAKAIAN

FOLLOWERS