DOMAIN.NET SEBUAH DOMAIN POPULER BAGI PERUSAHAAN DAN ORGANISASI

Domain NET: Pengertian, Kelebihan & Bedanya dengan .COM !

Domain NET adalah salah satu top-level domain yang sudah sangat populer hingga sekarang.

Bila Anda belum tahu, domain adalah sebuah alamat dari suatu website agar lebih mudah dikenali, alih-alih harus menghafalkan alamat IP website jika domain tidak pernah ada.

Sementara itu, top-level domain (TLD) berfungsi untuk memperkuat identitas sebuah website dan muncul dalam bentuk ekstensi, seperti .net, .com, org, dan masih banyak lagi.

Contohnya, domain Qwords memiliki ekstensi .com, di mana .com (commercial) sendiri juga merupakan bagian dari TLD yang mengindikasikan bahwa website ini bersifat komersial (bisnis).

Lantas, bagaimana dengan .net? Domain ini cukup sering ditemui di internet dan digunakan di beberapa website.

Untuk mengetahui lebih lengkap, coba simak pembahasan berikut ini ya, Sahabat Qwords, karena artikel ini akan membahas pengertian domain NET, kelebihan, hingga perbedaannya dengan domain .com.

Apa Itu Domain NET?

Domain NET adalah sebuah ekstensi domain populer yang diperuntukkan bagi perusahaan atau organisasi yang berhubungan dengan teknologi jaringan, dan kata net sendiri berasal dari kata network yang berarti jaringan.

Secara umum, domain ini disebut juga dengan situs “payung” yang melingkupi beberapa website kecil.

Meski awalnya hanya diperuntukkan untuk website yang berhubungan dengan teknologi jaringan, tetapi sekarang ini sudah mulai banyak yang menggunakan .net untuk bisnis di bidang lainnya, dan bahkan untuk membuat blog pribadi.

Domain .net awalnya diluncurkan pada tahun 1985 bersama dengan diresmikannya lima ekstensi lainnya, seperti .com, .edu, .gov, .mil, dan .org.

Selain itu, ekstensi domain ini juga termasuk dalam kategori gTLD (generic top-level domain), artinya semua pengguna mulai dari perorangan dan perusahaan lintas bidang teknologi jaringan dapat menggunakannya secara bebas tanpa syarat khusus.

Hal inilah yang membuat beberapa pengguna memilih .net sebagai alternatif ketika domain .com yang diinginkan sudah didaftarkan oleh pengguna lain.

Semakin ke sini, identitas .net sebagai domain yang ‘khusus’ untuk perusahaan teknologi jaringan pun mulai bergeser.

Dalam maksud yang positif, artinya ekstensi ini sudah mulai bisa diterima oleh pengguna yang ingin memiliki domain impiannya meski mereka tidak berkaitan dengan teknologi jaringan.

Kelebihan Domain NET

Dalam proses pembuatan website, tentu Anda tidak bisa melupakan domain sebagai komponen utama selain hosting.

Nah, meski popularitas TLD ini masih belum mendominasi seperti halnya .com yang bisa dibilang menjadi top of mind ketika membuat situs, ada beberapa keunggulan menggunakan top-level domain .net ini. Berikut ulasannya.

1. Mudah Didapatkan

Untuk mendapatkan domain NET, Anda tidak perlu memerlukan syarat khusus seperti jika ingin mendaftarkan domain co.id, .post, dan sebagainya.

Sehingga Anda bisa mendaftarkan banyak domain sekaligus sesuai kebutuhan

2. Masih Tersedia Banyak Pilihan

Menurut data dari Statista, TLD .net ini menempati peringkat empat jajaran TLD terfavorit di seluruh dunia per April 2022 dengan 3.1% market share.

Karena kepopulerannya belum dapat menyamai .com, Anda justru dapat memilih nama domain yang ideal dan sesuai keinginan bila menggunakan TLD .net ini.

Sementara itu, pilihan nama domain .com justru semakin menipis karena kepopuleran .com yang memegang sebanyak 53.3% market share.

3. Kredibel

Karena termasuk top-level domain yang dirilis bersamaan dengan .com, kredibilitas dan keaslian .net sudah tidak perlu Anda ragukan lagi.

Sebagai bukti, sudah sebanyak 13 juta lebih situs menggunakan TLD .net 

4. SEO Friendly

Karena kredibilitasnya yang tinggi di mata pengguna, hal itu juga membuatnya tepercaya di mata mesin pencarian.

Dengan demikian, jika Sahabat Qwords menggunakan domain ini tidak perlu khawatir dengan performa SEO yang Anda terapkan.

Bisa dibilang, untuk performa ranking situs di SERP domain NET ini tidak berbeda dengan .com yang sudah sangat populer.

Perbedaan Domain NET dan COM

Setelah membahas kelebihan domain NET, Anda sebaiknya juga mengetahui perbedaannya dengan domain COM yang sudah sangat populer.

Pahami perbedaan antara dua TLD ini agar dapat menentukan domain mana yang sesuai dengan kebutuhan.

Yuk, mari kita mulai.

TLD .com biasanya digunakan untuk nama domain yang merepresentasikan produk atau layanan, sementara .net untuk perusahaan/organisasi yang berhubungan dengan teknologi jaringan.

.COM lebih cocok digunakan untuk berbagai jenis bisnis, dari toko online hingga blog pribadi, sedangkan .NET cocok untuk layanan jaringan, email, ISP, dan penyedia database.

Pilihan nama domain NET masih banyak yang tersedia dibanding COM.

Kapan Harus Memilih .NET?

Untuk membangun website yang ideal, Anda harus memulainya dengan memilih nama dan ekstensi domain untuk ‘mempertegas’ identitas Anda secara online.

Dari banyaknya ekstensi domain yang tersedia, kapan Anda sebaiknya memilih .NET?

Pilihlah .NET ketika Anda akan memulai binsis yang bergerak di bidang jaringan, internet, database, hosting, dan sejenisnya.

Mendaftarkan domain .NET untuk memastikan agar orang lain tidak menyalahgunakan dan menjatuhkan reputasi Anda. Contohnya adalah ketika Anda memiliki bisnis dan website Anda menggunakan ekstensi .com. Agar orang lain tidak menyamar sebagai Anda dengan membangun website tandingan, maka sebaiknya Anda ‘mengamankan’ domain .net agar tidak dijadikan website palsu oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Memilih .NET ketika Anda sudah tidak bisa mendaftarkan domain yang Anda inginkan dengan ekstensi lain, misalnya .COM yang sudah didaftarkan orang lain.

Tips Memilih Nama Domain 

Karena nama domain yang sudah didaftarkan tidak dapat diubah kecuali Anda mendaftarkan nama lain, mari ketahui bagaimana tips memilih nama domain agar sesuai dengan kebutuhan website Anda.

Jika nama domain yang diinginkan sudah didaftarkan orang lain, Anda bisa menambahkan kata di depan atau di belakangnya. Misalnya jordy.net sudah dipakai, tambahkan jordynulis.net, dan sebagainya. Untuk mempermudah, gunakan tool seperti Domain Name Generator.

Pastikan nama domain yang dipilih mudah untuk dibaca, dan sebisa mungkin hindari penggunaan tanda hubung (-) atau angka bila tidak penting.

Pilihlah nama domain yang merepresentasikan siapa dan apa yang Anda lakukan. Kemudian pilihlah ekstensi yang dapat mempertegas identitas Anda.

Segera Daftarkan Domain .NET Sekarang!

Domain net adalah ekstensi yang tergabung dalam top-level domain dan sudah sangat banyak digunakan.

Banyak pengguna yang memilih ekstensi ini karena domain yang diinginkan telah didaftarkan oleh pengguna lain.

Meski sebenarnya kemunculan domain net adalah untuk bisnis, perusahaan, atau organisasi yang berhubungan dengan jaringan, hal itu tidak menutup kemungkinan siapa saja untuk menggunakan .net.

Sudah banyak para blogger yang mulai menggunakan domain .net meski tidak ada kaitannya dengan network technology. Baca Juga : Tiga-nyata-menarik-domainnet

Dengan demikian, Sahabat Qwords juga berkesempatan untuk menggunakan domain ini untuk membuat website.

Anda bisa mendapatkan domain NET dan berbagai jenis domain murah lainnya hanya di Qwords Cloud Web Hosting Indonesia.

Selain itu, Sahabat Qwords juga bisa mendaftarkan nama domain dengan ekstensi .com, .id, .my.id, .org, dan enam ratus ekstensi domain lainnya.

Yuk, segera amankan nama domain Anda sebelum didaftarkan pengguna lain!

Sumber : https://qwords.com/blog/domain-net-adalah/

Related Posts



Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini? Klik...

Comments

Kirim E-mail anda dapatkan artikel berlangganan gratis....

Enter your email address:

DELIVERED BY sptirtadharma.net ||| 🔔E-mail : pdamsptd86@gmail.com

🔝POPULAR POST

ENAM CIRI CIRI BOS PELIT TINGKAT DEWA

RESIKO PETUGAS PDAM TERHADAP PELANGGAN

SEJARAH PERKEMBANGAN DEMOKRASI DIBARAT

EMPAT TIPS TIDAK MUDAH DIADU DOMBA REKAN KERJA DIKANTOR

MEMBUAT RUTE BACA METER DAN TIPS AGAR TAHU TOTAL PEMAKAIAN

FOLLOWERS